Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Fun/Code Memasuki Babak Final, Ini Daftar Pemenangnya

Wisnu Andebar - Minggu, 3 November 2019 | 19:10 WIB
Para pemenang kompetisi Toyota Fun/Code yanh diselenggarakan oleh PT  Toyota Astra Motor (TAM).
Wisnu/GridOto.com
Para pemenang kompetisi Toyota Fun/Code yanh diselenggarakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

GridOto.com - Toyota Fun/Code yang digelar oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) memasuki babak final pada Minggu (3/11/2019) di Ancol, Jakarta Utara.

Ajang kompetisi teknologi informasi atau Information Technology (IT) yang diikuti kalangan mahasiswa ini menghadirkan 775 peserta yang terbagi dalam 593 tim.

Melalui seleksi dewan juri, dari 593 tim yang mengajukan ide proposal, sebagian besar memilih subtema ownership experience sebanyak 32 persen, education dengan 22 persen, value chain & trade in 19 persen.

(Baca Juga: Toyota Supra GT4 Siap Dipesan Pada 2020. Mau Beli? Jadwal Pemesanannya Beda-beda Lho)

Kemudian eco driving 18 persen, dan disability 9 persen.

Melalui penilaian tim juri, 70 tim terbaik berhasil lolos ke babak final.

Selanjutnya peserta yang lolos memasuki proses coding atau pengembangan aplikasi (application development).

Dewan juri kembali menyaring 70 tim menjadi 8 tim yang mendapat kesempatan untuk melakukan presentasi dan demo aplikasi.

Penilaian dilakukan berdasarkan Kesiapan Aplikasi dengan bobot 20 persen, Fitur dan Kegunaan Aplikasi dengan bobot 20 persen, Masalah yang Bisa Diselesaikan 20 persen.

Lalu, Potensi Pengembangan 15 persen, Kemudahan Tampilan dan Kegunaan 15 persen, dan Kesesuaian dengan Tema 10 persen.

Berdasarkan hasil penilaian akhir dari dewan juri, tim “Ga Chibi” yang menghadirkan aplikasi RENTO berhasil mendapatkan nilai tertinggi sehingga berhak meraih predikat juara pertama Toyota Fun/Code.

Juara kedua diraih Tim “NL_Lone” yang menghadirkan aplikasi digital DEFINO (Deaf Assistant of Toyota).

Sedangkan juara ketiga diraih Tim “Focus AR” dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, antusiasme para peserta mengikuti ajang kompetisi Toyota Fun/Code sangat tinggi.

Lebih lanjut, kata dia, ini sekaligus memberi gambaran besarnya potensi sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi masa depan.

"Kami berharap, kompetisi ini menjadi salah satu ajang yang akan melahirkan profesional andal di bidang IT yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan Indonesia ke depan,” katanya di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (3/11/2019).

(Baca Juga: Tes Lengkap Toyota Sienta Q 2019 Yang Facelift Diam-diam, Begini Hasilnya)

Pada final Toyota Fun/Code ini berlangsung selama 24 jam nonstop, para peserta diuji kemampuannya sebagai IT Developers andal dalam menghasilkan aplikasi sesuai ide tema yang mereka pilih.

Anton berharap, aplikasi digital yang menjadi pemenang ini mampu terus berkembang secara berkelanjutan sebagai sebuah bisnis rintisan, dan mendukung Toyota dalam upaya meningkatkan pengalaman berkendara terbaik bagi masyarakat di Indonesia.

"Selain itu, dapat menjadi solusi dalam masalah otomotif, seperti keselamatan berkendara, mengurangi frekuensi kecelakaan, dan juga layanan kendaraan,” ungkapnya.

Rangkaian Toyota Fun/Code berlangsung sejak Agustus 2019, dimulai dengan roadshow untuk mensosialisasikan program kompetisi sekaligus memberikan workshop.

Roadshow diselenggarakan di tiga kota besar yaitu Jakarta pada 29 Agustus, Bandung 12 September, dan Yogyakarta 19 September.

Tahap pendaftaran dimulai pada 8 Agustus 2019 secara online melalui website https://toyotafuncode.id.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa