Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sistem 2-1 di Jalur Puncak Mulai Diterapkan Bulan Oktober, Polisi Minta Pengendara Lakukan Hal Ini

M. Adam Samudra - Senin, 7 Oktober 2019 | 11:57 WIB
Ilustrasi kepadatan arus Jalur Puncak
Polri
Ilustrasi kepadatan arus Jalur Puncak

GridOto.com - Satlantas Polres Bogor bersama Pemda Kabupaten Bogor dan BPTJ Kemenhub kembali mencari alternatif solusi penanganan kemacetan di jalur Puncak, Bogor. 

Untuk itu pihaknya bersama instasi terkait melakukan sistem 2-1 di jalur Puncak.

"Diharapkan dapat memberikan solusi alternatif penanganan jalur puncak yang sudah selama 30-an tahun berlangsung setiap Sabtu dan Minggu," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli, Senin (7/10/2019).

Penelitian dan pemantauan sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan ke belakang dan melibatkan banyak pihak.

(Baca Juga: Kerap Bikin Macet! Satlantas Polres Bogor Punya Cara Baru Urai Kemacetan di Jalur Puncak)

Sistem ini sendiri secara singkat dijelaskan yaitu dengan cari membagi jalan menjadi 3 lajur.

Di pagi hari, karena arus cenderung lebih ramai ke atas/ke Puncak maka 2 lajur digunakan untuk naik ke atas Puncak dan 1 lajur ke bawah arah Jakarta.

Sebaliknya di siang hari 2 lajur ke bawah arah Jakarta dan 1 lajur arah Puncak.

Panjang jalan program 2-1 ini hanya dari pos lantas Gadog, Ciawi hingga persimpangan Taman Safari, setelahnya normal 2 lajur 2 arah.

Fadli menilai, beberapa hambatan memang ada, yaitu adanya titik crossing seperti di Mega Mendung, Pasar Cisarua, Cipayung dan beberapa persimpangan lainnya.

Kendala lain adalah lebar jalan yang tidak homogen dari Gadog hingga simpang safari, ada beberapa titik yang masih sempit yang hanya cukup dilalui 2 kendaraan.

(Baca Juga: Kerap Macet, BPTJ Terapkan Sistem MRLL di Jalur Puncak, Apa Itu?)

Selain itu ada kendala juga masalah mindset masyarakat yang selama ini terpaku dengan one way, dan berbondong-bondong melakukan perjalanan di pagi hari untuk naik ke Puncak dan siang hari turun ke arah Jakarta. 

“Dengan adanya program 2-1 ini, tidak ada lagi pembatasan jam naik maupun turun, sehingga masyarakat yang hendak mengakses jalur puncak diharapkan agar tidak memusatkan pergerakannya di pagi hari untuk naik, tapi bisa setiap saat mengakses jalur tersebut," bebernya.

"Apabila warga masih berbondong-bondong berangkat di pagi hari, maka akan terjadi penumpukan dan antrean yang panjang untuk naik ke atas," ujar Fadli.

"Saya tegaskan sekali lagi, agar bisa membagi perjalanannya dari pagi sampai dengan malam hari, menyesuaikan dengan kebutuhan real masing-masing warga,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk beberapa titik yang mengalami penyempitan, dalam rapat sudah dibahas untuk segera di perlebar sehingga bisa dibagi menjadi 3 lajur.

"Dinas PUPR baik daerah maupun pusat sudah mengamini,” tambah Fadli.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa