Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Latar Belakang Terciptanya Samsat Online Nasional (Samolnas)

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Kamis, 3 Oktober 2019 | 17:25 WIB
Ilustrasi kantor  Samsat Online
Isal/GridOto.com
Ilustrasi kantor Samsat Online

GridOto.com - Samsat online Nasional (Samolnas) merupakan layanan jaringan elektronik untuk pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan.

Samolnas juga dapat melakukan pembayaran secara online untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Nah, kamu tahu enggak sob kenapa Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menciptakan Samolnas ini?

Kasi Anev Subdit STNK Korlantas Polri, AKBP Muhar Lamadi menjelaskan latar belakang terciptanya Samolnas.

(Baca Juga: Simak Nih, Petunjuk Operasional Samsat Online Nasional (Samolnas))

Kamu pasti pernah merasakannya sob, jika ingin membayar pajak kendaraan atau memperpanjang STNK harus menuju ke Samsat terdekat.

"Masyarakat dulu itu kalau membayar pajak, memperpanjang STNK itu kan susah, jadi sekarang dipermudah lah terutama untuk membayar pajak," ujar AKBP Muhar kepada GridOto.com beberapa waktu yang lalu.

Nah, dengan adanya Samolnas, kamu tidak perlu repot-repot lagi menuju Samsat terdekat, tinggal gunakan saja aplikasi Samolnas.

"Membayar pajak itu masyarakat diharapkan tidak perlu repot-repot ke Samsat lagi, cukup dia ke tempat-tempat pembayaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah, itu seperti bank daerah, modern channel seperti Indomaret dan Alfamart," tuturnya.

(Baca Juga: Mengintip Aplikasi Samolnas, Memangnya Ada Menu Apa Saja Sih?)

Pelayanan bayar pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat saat ini sudah lebih dipermudah.

"Sekarang sudah makin simpel, supaya masyarakat yang memiliki kewajiban wajib bayar pajak kendaraan itu tidak terhalang dengan jaraknya misalkan," jelasnya.

Dengan pelayanan yang lebih dipermudah, dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan jika biasannya harus menuju Samsat untuk membayar pajak.

"Karena kalau terlalu jauh tentu ada beban biaya untuk perjalanannya mungkin lebih banyak lagi. Hemat waktu, mungkin ada pekerjaan lain yang sedang dilaksanakan dia tidak akan terhalang dengan itu," pangkasnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa