Enggak Mau Kaca Mobil Dibobol Maling? Lakukan Langkah Preventif Ini!

Ditta Aditya Pratama - Senin, 23 September 2019 | 21:33 WIB
Ilustrasi tindak kriminalitas pecah kaca mobil
Tribun Jabar/Andri M Dani
Ilustrasi tindak kriminalitas pecah kaca mobil

GridOto.com - Kasus kriminalitas yang berhubungan dengan kendaraan seperti mobil enggak cuma pencurian kendaraannya saja, ada juga yang sekadar memecah kaca untuk merampok isi kendaraan.

Apa sih yang harus dilakukan agar tidak sampai jadi korban tindak kriminalitas pecah kaca mobil?

"Untuk tindakan preventif, pemilik mobil harus melakukan proteksi ganda pada mobil," buka Jusri Pulubuhu, founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Misalkan seperti memasang alarm ganda, sensor-sensor tambahan, atau electrical cut bagi mobil yang belum dibekali immobilizer untuk mencegah mobil dibawa kabur juga.

Kaca film juga bisa Anda manfaatkan sebagai proteksi tambahan pada mobil Anda, mengingat 60 persen bagian dari mobil adalah kaca mobil.

(Baca Juga: Modus Pecah Kaca di Depan Masjid, Rp 150 Juta dan Senjata Api Lenyap)

"Pemilik mobil bisa gunakan kaca film yang membuat sulit terlihat dari luar namun tidak mengganggu visibilitas pengemudi saat berkendara," jelas Jusri.

Untuk mendukung keamanan barang di dalam mobil, simpan barang Anda di tempat yang tertutup di dalam mobil.

"Manfaatkan kompartemen tertutup seperti bagasi, laci atau glove box, dan juga manfaatkan tray penutup di bagasi pada mobil SUV atau hatchback," ujar Jusri.

Jika tidak ada ruang kompartemen yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok atau ditutupi dengan benda yang gelap agar terlihat samar dari luar.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X