Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pabriknya Sudah 8 Tahun Berdiri di Indonesia, Hankook Pakai Bahan Baku Lokal? Ini Faktanya!

Harun Rasyid - Rabu, 18 September 2019 | 07:02 WIB
Beberapa produk ban dari Hankook
Harun/GridOto.com
Beberapa produk ban dari Hankook

GridOto.com - Hankook merupakan merek ban mobil yang cukup dikenal di dunia otomotif dan salah satu pabriknya berada di Indonesia.

Pabrik Hankook sudah 8 tahun berdiri di wilayah Cikarang, Jawa Barat.

Menurut data resmi PT Hankook Tire Indonesia tahun 2018, jumlah total produksi Hankook di dunia mencapai 104 juta ban dalam kurun waktu setahun.

Dari jumlah produksi tersebut, Indonesia sendiri menyumbang 10 persennya.

(Baca Juga: Hankook Luncurkan Ban Hexonic & Aeroflex Untuk Jalanan Masa Depan)

Aris Munandar, Senior Manager PT Hankook Tire Indonesia mengungkapkan dalam pembuatan ban, bahan baku karet yang digunakan terdiri dari karet alam dan karet sintetis.

"Untuk bahan baku karet alam, 100 persen berasal dari Indonesia tepatnya berasal dari Lampung dan Palembang, sementara untuk bahan karet sintetis kebanyakan kami impor dari luar," ujar Aris, Selasa (17/9/2019).

Aris mengungkapkan, alasan penggunaan karet sintetis impor karena di Indonesia masih jarang yang memproduksi karet sintetis.

"Penggunaan karet sintetis dari luar negeri ini dikarenakan, di Indonesia sendiri masih jarang yang membuat karet sintetis. Tapi penggunaan synthetic rubber lokal tetap kami gunakan hanya jumlahnya saja yang sedikit," kata Aris.

(Baca Juga: 'Kontrol Teknologi' Jadi Pembeda Ban Hankook dengan Merek Lainnya)

Menurut Aris, alasan penggunaan karet alam yang 100% dari Indonesia karena kualitas natural rubber di Indonesia sangat bersaing di dunia.

"Kualitas natural rubber di Indonesia sangat bersaing dan diakui di dunia, karena produksi ban Hankook di tanah air sudah diekspor ke berbagai negara di dunia," tambah Aris.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa