Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenhub Ingin Dongkrak Pamor Kendaraan Listrik Lewat Angkutan Umum

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 25 Agustus 2019 | 11:05 WIB
Ilustrasi bus listrik Transjakarta
Tribunnews.com
Ilustrasi bus listrik Transjakarta

GridOto.com - Kendaraan listik menjadi keniscayaan bagi Indonesia, begitulah yang disampaikan oleh Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub) pada Jumat (23/8/2019) di Jakarta.

Ia pun menyambut baik era elektrifikasi di Indonesia dan hadirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Motor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Salah satunya dengan mengusulkan pengoperasian kendaraan listrik di angkutan-angkutan umum.

(Baca Juga: Indonesia Masih Bingung Daur Ulang Baterai Kendaraan Listrik)

"Ada beberapa yang akan kami lakukan. Pertama kami akan buat PM (Peraturan Menteri) atau SK dirjen mengenai roadmap tentang angkutan umum listrik di setiap kota besar," papar Budi saat di acara diskusi bertajuk 'Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM' yang dihelat Kompas, Jakarta.

"Jadi kami akan dorong penggunaan kendaraan-kendaraan angkutan umum seperti transjakarta. Benchmark-nya swedia," imbuhnya.

Budi Karya Sumadi (Keempat dari Kanan) saat menghadiri acara diskusi bertajuk 'Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM' yang dihelat Kompas, Jakarta.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Budi Karya Sumadi (Keempat dari Kanan) saat menghadiri acara diskusi bertajuk 'Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM' yang dihelat Kompas, Jakarta.

Budi menambahkan, pengembangan kendaraan listrik pada transportasi publik ini dilakukan sebagai langkah edukasi sebelum akhirnya dijual massal ke masyarakat.

Sehingga mereka terbiasa dan secara bertahap akan mengangkat pamor kendaraan listrik di Indonesia.

(Baca Juga: Gaikindo: Jangan Sampai Jutaan Pekerja Terancam PHK Gara-gara Kendaraan Listrik)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa