Irawan Sucahyono: Mandalika Jangan Hanya Andalkan Balap!

Muhammad Rizqi Pradana - Minggu, 25 Agustus 2019 | 08:10 WIB
Ilustrasi sirkuit Mandalika
MCN
Ilustrasi sirkuit Mandalika

GridOto.com - Mandalika sedang membangun sirkuit jalan raya pertama untuk MotoGP Mandalika 2021 nanti, dan ditargetkan dapat mengikuti uji kelayakan tahun depan.

Bahkan diberitakan WSBK juga akan menggelar balapan di sana pada tahun yang sama, yang harapannya akan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Mandalika.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, penyelenggaraan event bertaraf Internasional dapat membawa omset bahkan hingga triliunan dari wisatawan bagi daerah penyelenggaranya.

Dan menurut Irawan Sucahyono, Penasehat Sirkuit Sentul, hal itu lah yang harus diupayakan oleh pengelola MotoGP Mandalika.

(Baca Juga: Selain Gengsi, Menggelar Event Balap Internasional Punya Manfaat Nyata Bagi Daerah yang Menyelenggarakannya)

Salah satu pantai yang akan menjadi latar belakang sirkuit MotoGP Mandalika
GridOto.com
Salah satu pantai yang akan menjadi latar belakang sirkuit MotoGP Mandalika

“Turis itu hitungannya bukan cuma orang datang doang, (mereka) ini harus bisa menghidupi perekonomian dengan cara spendingnya (mereka) harus gede dong,” kata Irawan kepada GridOto.com di bilangan Jakarta Barat.

Ia mengumpamakan Singapura yang bisa ‘meringankan’ isi dompet para turis mapan yang mendatangi event F1 Singapura melalui atraksi wisata yang mereka miliki.

Tetapi, Irawan mengatakan bahwa meniru pencapaian tersebut akan terbilang sulit bagi Indonesia dan Mandalika pada khususnya.

“Sekarang masalahnya gini, Singapura itu sudah memiliki fasilitas untuk membuat orang buang duit sampai segitu,“ jelas Irawan.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X