Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Masih Bingung Daur Ulang Baterai Kendaraan Listrik

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 24 Agustus 2019 | 08:04 WIB
Proses pembuatan baterai mobil listrik Nissan Leaf
usa.nissannews.com
Proses pembuatan baterai mobil listrik Nissan Leaf

GridOto.com - Seperti diketahui, pemerintah mencanangkan pengembangan kendaraan bermotor listrik pasca ditekennya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor untuk Transportasi Jalan.

Diharapkan secara bertahap kendaraan di Indonesia nantinya beralih dengan kendaraan ramah lingkungan, baik itu mobil listrik maupun motor listrik.

Namun keniscayaan tersebut nampaknya menemukan tantangan baru yang perlu dipikirkan, baik dari sisi pemerintah sebagai regulator maupun dari sisi produsen.

Harjanto, selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian mengungkapkan, tantangan tersebut adalah daur ulang baterainya.

(Baca Juga: Gaikindo Sebut Kendaraan Listrik bukan Satu-satunya Jawaban dan Masih Banyak Kendala)

"Teknologi untuk recycle (daur ulang) baterai itu advance, saat ini baru Belgia yang punya fasilitas tersebut. Kita belum mencapai pada posisi itu, sekarang kita produksi dulu," papar Harjanto, Jumat (23/8/2019).

"Sekarang, kayak produsen mobil Jepang saja kan kirim ke Belgia baterainya, diproses di sana untuk recycle-nya," imbuhnya saat di acara diskusi bertajuk 'Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM' yang dihelat Kompas, Jakarta.

Harjanto menjelaskan, pemerintah beserta pihak terkait masih melakukan studi lanjutan tentang percepatan kendaraan listrik di Indonesia.

Jangan sampai niatnya ingin mengurangi pencemaran dengan mobil listrik, malah menambah pencemaran baru dengan baterai yang menggandung zat-zat berbahaya bagi lingkungan.

(Baca Juga: Asyik, Kemenhub Ingin Kendaraan Listrik Gratis Parkir dan Bebas Ganjil Genap!)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa