Ramai Jakarta Ingin Gelar Balapan Formula E Tahun Depan, Apa Sih Formula E Itu?

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 21 Agustus 2019 | 18:53 WIB
Tahun depan, Jakarta akan menjadi tuan rumah dari kegilaan balapan Formula E.
YouTube/ABB Formula E
Tahun depan, Jakarta akan menjadi tuan rumah dari kegilaan balapan Formula E.

GridOto.com - Respon beragam ditunjukkan saat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumumkan Jakarta akan menjadi tuan rumah balap Formula E tahun 2020.

Banyak yang mengucapkan selamat, tapi tidak sedikit pula yang bertanya-tanya apa sih Formula E itu?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, GridOto.com akan mencoba memberikan penjelasan singkat kepada sobat, apa sebenarnya Formula E itu.

Dilansir dari fiaformulae.com, Formula E, atau biasa disingkat sebagai FE, merupakan kejuaraan dunia balapan single-seater elektrik pertama di dunia.

Seperti deskripsinya, mobil yang digunakan menggunakan mesin listrik, lebih tepatnya dua mesin listrik dengan daya maksimal 335 dk.

(Baca Juga: Mercedes Tidak Bisa Kontrak Mick Schumacher, Bukan Karena Anak Didik Ferrari)

Menggunakan mobil tersebut, 22 pembalap dari 11 tim, 8 tim pabrikan dan 3 tim privateer, akan bertarung untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Sistem poin yang digunakan menganut standar FIA, yaitu 25 poin untuk posisi pertama , 18 poin untuk posisi kedua, 15 poin untuk posisi ketiga, terus sampai 1 poin untuk posisi 10.

Tapi tidak seperti seri-seri balapan lainnya, para pembalap Formula E hanya membalap di sirkuit-sirkuit jalan raya yang didirikan di 13 kota besar di dunia.

Lama balapannya juga tidak dihitung berdasarkan jumlah lap, tapi dengan durasi waktu 50 menit ditambah 1 lap tambahan.

Dan untuk tahun depan, Jakarta akan bergabung dengan 11 kota besar lainnya di dunia seperti London dan New York sebagai tuan rumah balapan Formula E.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa