Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Avanza Dimodifikasi Mahasiswa UNUSA, Bisa Petakan Tingkat Polusi Udara di Kota Surabaya

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 15 Agustus 2019 | 17:39 WIB
Toyota Avanza jadi mobil data cerdas karya mahasiswa UNUSA
Nur Ika Anisa / Tribun Jatim
Toyota Avanza jadi mobil data cerdas karya mahasiswa UNUSA

GridOto.com - Toyota Avanza yang dimodifikasi oleh mahasiswa Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya (UNUSA) bisa mengukur polusi udara hingga menghimpun data real time.

Toyota Avanza ini lantas diberi nama Mobil Data Cerdas dan diluncurkan di Unusa, Kamis (15/8/2019).

Mobil hasil kerjasama Unusa, Indosat dan Data Academy tersebut dilengkapi sensor-sensor berteknologi 5G untuk merekam data di lingkungan sekitar.

Dekan Fakultas Teknik Unusa Dr Istas Pratomo MT mengatakan, sensor itu diperuntukkan merekam data seperti kualitas udara, kondisi jalan maupun lalu lintas pada jalur-jalur maupun wilayah yang dilalui.

(Baca Juga: Ulang Tahun Tanggal 17 Agustus? Bisa Dapat SIM Gratis dari Polrestabes Surabaya Nih)

Teknologi 5G (teknologi bergerak) diterapkan untuk pengambilan data lingkungan pada sebuah unit bergerak seperti mobil maupun drone.

"Melalui mobil ini data yang diambil sambil bergerak dilengkapi sensor dan dipasangi simcard 4G untuk mengirim data sensor ke server cloud pengolah data milik cybertren data academy," kata Dr Istas Pratomo di Unusa, Kamis (15/8/2019).

Penggunaa Mobil Data Cerdas Unusa ini nantinya akan dikelola oleh Tim UKM Cyber Unusa yang berjumlah sebanyak 14 mahasiswa dari berbagai fakultas.

Mereka mengolah berbagai data yang diterima Mobil Data Cerdas seperti temperatur, kelembaban udara, kadar CO, CO2, O3, PM10, SO2, NO2, GPS, data image melalui kamera dan juga koordinat lokasi real time.

(Baca Juga: Siap Tanding di Jepang, Ini Dia Mobil Listrik 'Anargya EV Mark 1.0' Buatan Mahasiswa ITS Surabaya)

Data sensor tersebut, diakui Istas, dapat menjadi pemetaan kondisi lingkungan sebuah kawasan seperti Surabaya.

"Unusa menjadi yang pertama memanfaatkan mobil data cerdas untuk membantu permasalahan pemerintah daerah," kata dia.

Misalnya, data polusi udara wilayah tertentu untuk membantu Dinas Pekerjaan Umum dan dapat digunakan untuk pemantauan kepadatan kendaraan dan kondisi lingkungan.

"Masih banyak informasi penting lain yang bisa membantu mewujudkan kota maupun pemerintah daerah agar menjadi kawasan yang lebih smart," tutup dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Unusa Luncurkan Mobil Data Cerdas, Bisa Deteksi Kualitas Udara hingga Kondisi Jalan 'Real Time'

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa