Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019

Walau Pakai Mesin yang Sama, Tenaga yang Dihasilkan Suzuki Jimny Baru Lebih Rendah dari All New Ertiga

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 22 Juli 2019 | 21:15 WIB
Suzuki Jimny
Vedhit/GridOto.com
Suzuki Jimny


GridOto.com - Suzuki Jimny terbaru yang resmi dijual pada ajang GIIAS 2019 menggunakan mesin 1.462 cc 4-silinder VVT, dengan kode K15B.

Dikombinasikan dengan dua pilihan transmisi yakni otomatis dan manual, yang mana keduanya telah dibekali kemampuan off-road dengan mode berkendara 2H, 4H dan 4L.

Bisa dibilang mesin yang digunakan sama dengan yang disematkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk low-MPV andalannya, All New Ertiga.

Namun disinilah uniknya, walaupun menggandeng mesin yang sama, ternyata Suzuki Jimny terbaru memiliki output tenaga dan torsi yang sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan All New Ertiga.

(Baca Juga: Intip Biaya Servis Suzuki Jimny Baru, Enggak Sampai Sejutaan Broh!)

Padahal, jika melihat peruntukannya, Suzuki Jimny dihadirkan untuk para pecinta off-road 4x4, yang mana membutuhkan tenaga besar dalam melibas berbagai lintasan.

Yulius Purwanto, selaku Head of 4W Product Development SIS pun tak menampik hal tersebut.

Mesin Jimny
Naufal Shafly
Mesin Jimny

"Untuk jantung pacunya (All New Jimny) kami masih pakai yang sama dengan All New Ertiga yakni K15B," papar Yulius saat berada di GIIAS 2019, Senin (22/7/2019).

Meski begitu, Yulius mengungkapkan bahwa tidak selamanya tenaga yang lebih besar itu lebih optimal dengan kendaraannya.

"Jadi jimny ini kita semua tahu transmisinya sudah 4x4, dari engineering kami itu telah melakukan kalkualasi yang mana yang optimal dan angka tersebut dinilai paling optimal dengan system (4x4) itu," tutupnya.

(Baca Juga: Gampangnya Beli Suzuki Jimny, Bisa Tukar Tambah Lewat Auto Value)

Sebagai informasi, pada Jimny terbaru mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 100,6 dk pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 nm di 4.000 rpm.

Sementara mesin K15B pada All New Ertiga 3 dk lebih besar, yakni 103,2 dk pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 nm di 4.400 rpm.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa