Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Buat Angkut Pasien, Ini Fungsi dan Kelengkapan Medis Ambulans Motor!

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 17 Juni 2019 | 07:00 WIB
Kalau sobat melihat ini di tempat kecelakaan, artinya nyawa sedang diselamatkan.
GridOto/Pradana
Kalau sobat melihat ini di tempat kecelakaan, artinya nyawa sedang diselamatkan.

GridOto.com – Meskipun sudah beroperasi sejak 2017, nyatanya masih banyak oran yang tidak tahu tentang adanya ambulans motor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sirombudi, rider ambulans motor Unit Reaksi Cepat (URC) Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan DKI Jakarta .

Pria yang sudah tujuh tahun menjadi perawat AGD itu mengatakan bahwa kehadiran dia dan Kawasaki D-Tracker 150 miliknya di TKP malah sering disambut rasa heran.

“Orang-orang keluarga pasien tuh kalau saya datang naik motor malah 'Kok datang ambulansnya motor, nanti pasiennya diangkut naik motor?'," kekeh Sirombudi.

(Baca Juga: Keren Nih! Satuan Ambulans Motor Pembesut Kawasaki D-Tracker 150)

Isi tas perlengkapan medis ambulans motor.
GridOto/Pradana
Isi tas perlengkapan medis ambulans motor.

Sirombudi mengatakan bahwa dia masih sering harus menjelaskan bahwa tugas ambulans motor itu hanya untuk penanganan gawat darurat.

“Keluarga bapak membutuhkan penanganan segera, jadi kita datang cepat, nanti enggak lama ambulans mobilnya datang juga kok, Pak,” ujarnya menirukan jawaban yang dia berikan.

Untuk penanganan darurat pun Sirombudi bilang ambulans motor D-Tracker 150 besutannya sudah dilengkapi dengan perbekalan yang cukup.

“Ada infus set untuk pertolongan pertama kalau korban dehidrasi, atau misalnya orang itu kecelakaan banyak keluar darah, itu ada,” ujar Sirombudi.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa