Selain MotoGP di 2021, ITDC Juga Membidik F1 Untuk Sirkuit Mandalika

Harun Rasyid - Kamis, 23 Mei 2019 | 20:26 WIB
Erick Thohir (kiri) dan Abdulbar M. Mansoer (kanan) menyatakan sirkuit Mandalika tidak hanya untuk MotoGP tapi juga untuk F1.
Istimewa
Erick Thohir (kiri) dan Abdulbar M. Mansoer (kanan) menyatakan sirkuit Mandalika tidak hanya untuk MotoGP tapi juga untuk F1.

GridOto.com - Dalam niatan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia juga tengah bersiap menjadi tuan rumah MotoGP lewat sirkuit Mandalika pada tahun 2021 mendatang.

Namun kini, tidak hanya MotoGP tapi sirkuit ini juga direncanakan dapat menggelar balap jet darat Formula satu (F1).

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengatakan, ITDC akan menyelenggarakan MotoGP di Mandalika tahun 2021 dan atas usulan Bapak Presiden Jokowi F1 juga akan diselenggarakan sebagai country branding bagi Indonesia.

"Indonesia dapat memanfaatkan ajang balap berkelas internasional seperti MotoGP dan F1 sebagai upaya memperkuat citra Indonesia di mata dunia," ujar Abdulbar M. Mansoer.

(Baca Juga: Disebut Pesaing Sirkuit Mandalika di MotoGP 2021, Ini Dia Ayrton Senna Circuit Rio de Janeiro)

ITDC mengaku siap menjalankan program pemerintah demi menjadikan sirkuit Mandalika sebagai ikon Indonesia yang menggelar dua ajang balap berkelas dunia.

Dalam kesempatan yang sama selepas pertemuan dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Erick Thohir mengatakan sependapat dengan Bapak Presiden bahwa sirkuit Mandalika lebih efisien jika digunakan untuk menggelar MotoGP dan F1.

"Kita melihat daripada track yang sedang dibangun di Mandalika ini juga bisa dimanfaatkan untuk arena balapan mobil seperti F1 ataupun balap mobil yang lain," kata Erick.

Hal ini menurut Erick adalah kesempatan emas untuk mendongkrak sektor pariwisata nasional serta memperkuat brand sport tourism di Indonesia.

Editor : Eka Budhiansyah

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X