Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

AC Mobil Tetap Dingin, Perlukah Isi Ulang Freon AC Terus Menerus?

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 16 Mei 2019 | 18:00 WIB
Ilustrasi AC Mobil
Ilustrasi AC Mobil

Gridoto.com- AC atau penyejuk udara merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyejukkan udara di dalam kabin.

Tak cuma sebagai penyejuk, AC juga berfungsi untuk mencegah kaca mobil tidak berembun saat hujan.

Namun, AC mobil kerap terasa tidak dingin, beberapa pemilik kendaraan hanya melakukan pengisian freon saja untuk menjaga AC tetap dingin, benarkah demikian? 

Secara normal, Freon AC tidak akan berkurang atau habis selama komponen-komponen AC tidak mengalami kerusakan atau kebocoran.

"Freon AC sebenarnya tidak perlu diisi ulang, kalau ada indikasi kerusakan katakanlah kebocoran, diisi freon saja memang bisa dingin tapi itu enggak bertahan lama," kata Gesang, Kepala Bengkel Suzuki Karawaci, Tangerang.

Pipa aliran referigerant sistem AC
Ryan/Gridoto.com
Pipa aliran referigerant sistem AC

(Baca Juga: Servis AC Mobil Biar Tetap Dingin, Ini yang Mesti Dilakukan Anda)

"Kalau diindikasikan freon AC berkurang, solusinya bukan cuma ditambah freon saja, tapi kita analisa, biasanya itu karena adanya kebocoran, sebab freon AC mobil yang normal atau wajar tidak akan berkurang dan habis," katanya.

"Di bengkel Suzuki pengecekan AC dengan memasukkan kamera kecil seperti endoskopi, apakah ada lubang atau kerenggangan di karet seal sambungan slang pipa, itu salah satu indikasi mengapa freon bocor," katanya.

Gesang menjelaskan bagian lain yang bikin AC kurang dingin adalah kondensor dan blower Kotor, maka dari itu servis AC dilakukan pembersihan motor blower di depan, evaporator, blower yang di kabin, dan mencuci kondensor.

"Lain halnya jika komponennya yang sudah rusak, seperti tekanan kompresor yang tidak normal, nah itu pasti akan memakan biaya yang lebih besar," terangnya.

"Pengisian ulang atau menambah freon tidak disarankan, pemilik kendaraaan cukup melakukan servis, bisa saja penyebabnya dari kobocoran, kondensor yang kotor, atau tekanan kompresor yang tidak normal," tutup Gesang kepada Gridoto.com.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa