Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GridOto Traveling

Viral Lautan Pasir Bromo Jadi Sungai, Masih Aman Buat Wisata dengan Kendaraan Pribadi?

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 1 Februari 2019 | 11:26 WIB
Lautan Pasir Gunung Bromo berubah jadi sungai
Instagram.com/cepung_ae
Lautan Pasir Gunung Bromo berubah jadi sungai

GridOto.com - Lautan pasir di Gunung Bromo seringkali jadi tempat yang asyik buat memacu adrenalin dengan kendaraan. Buktinya selain jip wisata, banyak juga yang sengaja susah payah pakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Namun karena cuaca buruk yang melanda kawasan tersebut selama beberapa hari ini, lautan pasir di Gunung Bromo kebanjiran dan nampak seperti aliran air sungai yang deras.

Dalam video-video yang dibagikan beberapa akun Instagram seperti @cepung_ae, @wartabromo, @mountnesia, @exploredolan.id dan masih banyak lagi terlihat kumpulan mobil-mobil offroad yang menepi di pinggir sungai dadakan di lautan pasir Gunung Bromo.

Banyak orang yang tidak menyangka kalau tempat yang biasanya kering berpasir berubah jadi sungai dan mengabadikan kejadian tersebut.

(Baca Juga : Pengemudi Jip Bromo: Mesin Bensin Lebih Disuka, Ternyata Ini Alasannya)

Dilansir dari akun Instagram @wartabromo, kejadian ini sebenarnya sering terjadi jika hujannya memang sangat deras dan berlangsung lama.

Menurut Sarmin, Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah I Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, curah hujan saat ini, berpotensi membuat kawasan-kawasan itu tergenang air dan menyebabkan banjir.

"Situasi ini akan membuat struktur hamparan pasir akan lembek. Sehingga membentuk sungai-sungai bersifat sementara, terutama di sekitar arah menuju Pakis Bincil. Dengan begitu akan sulit dilalui kendaraan bermotor," ungkapnya dilansir dari Instagram @wartabromo.

Berarti sementara ini jika lautan pasir di Bromo masih jadi sungai lebih baik naik kendaraan off-road betulan dan jangan nekad pakai kendaraan pribadi kalau mau main ke Gunung Bromo, Sob!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa