Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisa Rugi Bandar, Ribuan Liter BBM Hampir Jadi Selundupan ke Timor Leste

Ilham Fariq M - Kamis, 3 Januari 2019 | 22:05 WIB
Petugas TNI wilayah perbatasan ketika mengamankan ribuan liter BBM dalam jeriken
Dokumen Satgas Pamtas
Petugas TNI wilayah perbatasan ketika mengamankan ribuan liter BBM dalam jeriken

GridOto.com- Ribuan liter Bahan Bakar Minyak (BBM) berhasil diamankan TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 408/SBH dari usaha penyelundupan ke Timor Leste.

Pasi Intel Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH Lettu Infanteri Harry Rezeki Utama Siregar menjelaskan, BBM yang berhasil diamankan ada berjumlah 2.900 liter.

Ribuan liter BBM yang terdiri atas minyak tanah 2.460 liter, solar 350 liter, dan bensin 90 liter tersebut dimasukkan ke dalam jeriken yang kemudian dibawa ke Mako Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH.

Diketahuinya aksi penyelundupan ini berasal dari informasi yang diberikan oleh warga setempat kepada pihak TNI yang berada di perbatasan.

(Baca Juga : Mantap Benar! Segini BBM Satu Harga yang Tersebar di Indonesia)

"Hal ini tidak luput dari kedekatan antara personel satgas dengan masyarakat yang sudah terjalin sebulan lebih, sehingga masyarakat selalu memberikan informasi terkait kegiatan penyelundupan BBM di wilayah perbatasan," terang Harry, Rabu (2/1/2018).

Karena mulai maraknya penyelundupan BBM di wilayah perbatasan, pihaknya mulai menggalakkan patroli keamanan.

"BBM sebanyak 2.900 liter yang berhasil kami amankan itu rencananya akan diselundupkan ke wilayah Timor Leste, melalui jalur darat maupun laut," ungkap Harry.

Harry menambahkan akan terus melakukan kegiatan penggagalan penyelundupan sesuai dengan keluhan dan laporan dari masyarakat di wilayah Perbatasan RI- Timor Leste.

(Baca Juga : Tol Trans Jawa Bikin Konsumsi BBM di Jawa Tengah Meningkat)

"Diharapkan aktivitas penyelundupan dapat dihentikan agar menciptakan kestabilan perekonomian bagi seluruh warga negara Indonesia khususnya di Wilayah Kabupaten Belu," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TNI Perbatasan Gagalkan Penyelundupan 2.900 Liter BBM ke Timor Leste"

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com,KompasTV

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa