Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fitur Unik Vespa GTS 300, Tarikan Mesin Brebet Saat Ban Kempis

Harry - Sabtu, 29 Desember 2018 | 07:55 WIB
Vespa GTS 300
Harry/Gridoto.com
Vespa GTS 300

GridOto.com - Vespa modern seperti yang dijual oleh PT Piaggio Indonesia(PID), punya sejumlah fitur dan teknologi yang menarik, salah satunya adalah ASR (Anti Slip Regulation).

ASR ini semacam fitur traction control khas Vespa, model GTS 300 jadi salah satu motor yang dipasangi fitur canggih tersebut.

Cara kerja ASR dengan membaca gerak perputaran roda depan dan belakang, jika sensor mendeteksi gejala selip, maka ECU akan langsung memutuskan tenaga mesin.

(Baca Juga : Vespa GTS Makin Menawan Tambah Sespan)

Sensor ASR ini membaca putaran rotor yang terdapat pada kedua pelek. Dan rotor ini juga berfungsi untuk sensor ABS (Anti-lock Braking System).

Rotor untuk sensor ABS dan ASR
Harry/Gridoto.com
Rotor untuk sensor ABS dan ASR

Nah fungsi lainnya untuk membuat mesin brebet ketika ban kempis. Wah, kok unik ya?

“Karena putaran roda pas kempis juga tidak sama depan-belakang. Sensor tadi akan memberi sinyal ke ECU, untuk membuat mesin brebet,” kata Yudi Riswanto, Technical Training Manager PID.

Banyak pengguna yang enggak tahu kehadiran fitur ini. “Banyak yang tanya kenapa tiba-tiba brebet, saya suruh tambah angin bisa jalan normal lagi,” tambah Yudi di Banyuwangi (17/12/2018).

Tentu ini jadi salah satu fitur untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara. Soalnya kalau ban kempis, sudah pasti handling motor akan berubah.

Asyik juga!

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa