Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sewa 300 Bus Untuk Asian Games, Kemenhub Anggarkan Miliaran Rupiah

M. Adam Samudra - Kamis, 9 Agustus 2018 | 19:20 WIB
Menhub beserta rombongan menjajal bus untuk Asian Games
Kemenhub
Menhub beserta rombongan menjajal bus untuk Asian Games

GridOto.com - Kementerian Perhubungan menyerahkan sebanyak 300 bus kepada Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) untuk mengangkut para atlet yang hendak bertanding pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

“Total yang diserahkan 300 bus," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangan resminya, Kamis (9/8/2018).

"200 bus digunakan di Jakarta, di Palembang 100 bus, bus ini sebenernya disewa (Kementerian Perhubungan) 21 hari," sambungnya.

Bahkan, Menhub menyiapkan anggaran sebesar Rp 7 milyar untuk menyediakan 300 bus tersebut.

(BACA JUGA: Inilah Daftar Kendaraan yang Bakal Digunakan Dishub DKI Saat Asian Games 2018)

Untuk membuat perjalanan tim official semakin aman dan nyaman, para sopir diberikan pelatihan.

“Sopir bus sudah dilakukan pelatihan sehingga siap untuk melayani baik perilaku, pelayanan kepada atlet dan official, termasuk perilaku berkendara yang berkeselamatan,” ujarnya

Untuk itu, ia berharap pelaksanaan Asian Games dapat berjalan dengan baik.

“Kalau bisa zero complain artinya semua atlet, official sampai di lokasi pertandingan tepat waktu tidak tersasar, dan lain-lain,” ungkapnya.

(BACA JUGA: Imbas Kejadian Pemukulan Pejalan Kaki, Polisi Menilang Pemotor yang Lewat Trotoar)

Bahkan nantinya para pengemudi bus akan diberikan e-log book dengan mengunakan aplikasi berbasis Android. 

Aplikasi ini bertujuan untuk mengawasi jam kerja pengemudi yang hanya 8 jam per hari, riwayat kesehatan, posisi awal pengemudi dan tujuan akhir.

Untuk itu, dia mengaku optimis penggunaan transportasi yang telah disiapkan untuk perhelatan besar Asian Games 2018 akan berjalan dengan baik.

"Saya optimis terkait penggunaan transportasi saat Asian Games nanti berjalan baik, karena sudah dilakukan uji coba beberapa kali," paparnya.
 
"Saya juga meminta kepada semua tim yaitu Kementerian Perhubungan, Polri, INASGOC untuk bekerja sama dengan baik. Untuk mengetahui jelas apa yang harus kita persiapkan dengan baik," sambung Menhub. 
 
Saat lakukan simulasi bus dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, memakan waktu tempuh kurang dari 30 menit.
 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa