Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa Itu Mazda SKYACTIV-X? Ini Penjelasannya

Dwi Wahyu R. - Minggu, 27 Mei 2018 | 20:43 WIB
Mencoba mesin baru Mazda SKYACTIV-X di Jepang
Dwi Wahyu R.
Mencoba mesin baru Mazda SKYACTIV-X di Jepang

GridOto.com-Mazda Technology Forum 2018 yang digelar di Proving Ground Mazda di wilayah Mine, Jepang (27/8) yang dihadiri GridOto.com ini bertujuan memperkenalkan mesin terbaru Mazda, yaitu SKYACTIV-X.

Mesin bahan bakar bensin ini akan diluncurkan pada 2019 yang kabarnya bertepatan pada gelaran Los Angeles Auto Show, di Amerika Serikat.

Apa sebenarnya mesin SKYACTIV-X?

"SKYACTIV-X merupakan mesin bahan bakar bensin yang proses pembakarannya dengan cara memampatkan campuran udara dan bahan bakar seperti di mesin diesel," jelas Tsuyoshi Goto, Deputy General Manager Powertrain Development Division Mazda Motor Company.

Pembakaran dimampatkan (compression ignition) memungkinkan campuran udara-bahan bakar yang sangat kurus (lean) dibakar dengan rasio kompresi 2 kali lipat dibanding rasio kompresi ideal (14,7:1).

 

(BACA JUGA: Ini Daftar Bengkel Resmi Mazda yang Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran)

Mesin dengan pembakaran model ini disebut Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI).

"Tantangan terbesar di mesin HCCI konvensional adalah membuat proses switching yang stabil antara compression ignition dan spark ignition serta memperluas wilayah operasi compression ignition," terang Goto.

Untuk mengatasi dua masalah tersebut, para insinyur Mazda dengan cerdas memanfaatkan busi sebagai faktor utama dalam mengontrol waktu pembakaran optimal.

Mazda menyebut teknologi terobosan ini dengan nama Spark Controlled Compression Ignition (SPCCI).

"SPCCI adalah sistem komputer pintar untuk menentukan waktu percikan busi paling dekat dengan kondisi terbaik untuk pembakaran," lanjut Goto.

 

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa