Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Beli Oli Mesin, Angka TBN Penting Enggak Sih?

Billy - Rabu, 27 Desember 2017 | 16:24 WIB
Billy

Gridoto.com. Kalau beli oli pasti tahu panduan kekentalan SAE atau API service. Tapi tahukah angka total base number(TBN), penting enggak ya untuk panduan beli oli mesin mobil atau motor?

"Penting tapi belum semua produk oli terbuka soal TBN," tutur Arief Hidayat, direktur PT Foerch Indonesia, distributor oli Wealthy  saat produk knowledge Oli Wealthy Optimus di Jakarta(27/12/2017).

Kalau SAE dikenal dengan kode, misalnya 10W30 dan API service SM, SN atau CJ4, seperti apakah angka TBN?

Angka TBN untuk oli mesin  berkisar 6 sampai 12. "Semakin tinggi TBN, maka kemampuan untuk menetralkan asam di oli semakin baik," tutur Arief yang merilis Optimus 10W40 dengan API service CJ4/SN dengan TBN 10.4.

Asam merupakan efek yang timbul saat oli melumasi mesin, sekaligus mencegah karat dan efek pembakaran. Dengan berkurangnya asam maka umur oli akan lebih panjang. Jika TBN tinggi maka interval ganti oli bisa mencapai 15 ribu km.

 
Nah jika angka TBN tidak ditemukan dalam kemasan, bisa melihat spesifikasi di website oli tersebut. Atau searching material safety data sheet(MSDS) oli tersebut.

Oli Wealthy sudah lolos beberapa uji laboratorium, termasuk dari Kementerian ESDM dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknik Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS.

Optimus dengan TBN 10.4
Wealthy
Optimus dengan TBN 10.4

Untuk varian tersedia Wealthy Ultimax Gold  SAE 10W-30 SN/CF, Wealthy Ultimax Platinum SAE 5W-30 dan API service SN/CF dan terbaru Wealthy  Optimus 10W-40 API service CJ4/SN, bisa untuk mesin bensin dan diesel. Harga berkisar Rp 150 ribu-300 ribu/ liter.

 
 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa