Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa Itu Idle Up, Ini Fungsi Dan Penjelasannya!

Dwi Wahyu R. - Jumat, 8 Desember 2017 | 07:30 WIB
Pertanyaan soal putaran mesin Xpander
FB @ Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia
Pertanyaan soal putaran mesin Xpander

GridOto.com–Ramai diperbicangkan masalah idle up pada Mitsubishi Expander yang putaran mesinnya naik-turun sendiri meski pedal gas tidak diinjak.

Sebenarnya apa sih idle up dan fungsinya?

“Sistem idle up itu untuk mengontrol idle pada waktu mesin bekerja, dan kompensasi terhadap beban kelistrikan,” ungkap Teddy, Tuner REV Engineering di kawasan Kedoya, Jakarta Barat.

Teddy mengatakan kompensasi beban kelistrikan seperti, beban extra fan, beban AC.

“Saat beban menyala otomatis rpm akan drop, jadi Electronic Control Unit (ECU) akan mengontrol idle up untuk ngebocorin udara sehingga gas bisa naik berdasarkan close loop,” jelas Teddy.

(BACA JUGA: Usir Pengganggu Kecil Di Ban Mobil Anda)

Teddy menjelaskan, “Maksud dari close loop itu, misalnya rpm sebelum AC menyala diset 750 rpm, tapi saat AC menyala dinaikin 50-100 rpm jadi 800 atau 850 rpm.”

Seiring berjalannya waktu, filter udara akan kotor dan jika tidak dibersihkan maka debu bisa masuk, sehingga membuat idle up kotor.

“Karena kotor kinerja idle up jadi tidak sempurna, sehingga ECU akan membaca untuk meningkatkan duty-nya 50-60 persen atau bahkan hampir 100 persen,” papar Teddy.

Namun, karena target idle up tersebut tidak tercapai, maka mesin jadi sering mati-mati.

“Biasanya masalah idle up itu terjadi pada mobil yang usianya sudah 5 tahun atau lebih, gejalanya mesin jadi tidak stabil atau rpm nge-drop,” kata Teddy lagi.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa