Tidak Cuma Asal Ngebut, Ini Peraturan Dasar MotoGP yang Wajib Kamu Ketahui

AK - Rabu, 6 Desember 2017 | 14:41 WIB
Harga tiket MotoGP Inggris mulai Rp 800 ribuan
motorcyclenews.com
Harga tiket MotoGP Inggris mulai Rp 800 ribuan

GridOto.com – Balapan di MotoGP bukanlah sembarang memacu kencang sepeda motor, tapi banyak peraturan yang wajib dipatuhi saat rider memacu motornya.

Memahami soal peraturan dasar pastinya menambah kenikmatan saat Anda menyaksikan balap motor MotoGP, baik di trek secara langsung atau pun via televisi.

Dilansir dari laman resmi FIM, GridOto.com akan menjabarkan sedikit peraturan dasar balap MotoGP.

Apabila seorang pembalap menyalahi peraturan di trek atau membantah instruksi bendera yang dikibarkan, itu bisa mengakibatkan bermacam hukuman tergantung dari beratnya pelanggaran yang dilakukan pembalap itu.

Bisa hanya berupa peringatan, sanksi, berubahnya posisi start, pemotongan waktu putaran, didiskualifikasi, hingga pengurangan poin di klasemen.

Salah satu jenis hukuman adalah penalti ride through procedure yang akan diterapkan jika seorang pembalap, sebagai contoh, sudah menjalankan motornya sebelum lampu hijau saat start menyala.

Pembalap itu akan mengaspal di pit lane. Saat di pit lane pun dia tidak boleh melebihi batas kecepatan yakni 60 kilometer per jam.

Jika pembalap itu melebihi batas kecepatan, bendera hitam akan dikibarkan pertanda didiskualifikasinya pembalap itu dari lomba.

Setelah penalti Ride Through Procedure diterapkan, bendera kuning akan diangkat sambil menunjukkan angka si pembalap saat garis finis, dan informasi itu juga akan ditampilkan pada papan waktu.

(BACA JUGA: Lagi, Driver Ojek Online Nyaris Dihajar Dikeroyok Pengemudi Agkutan Konvensional)

Editor : AK
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA