Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Lagi Part Kampas Kopling Ganda di Skutik, Ini Fungsinya

Luthfi Anshori - Senin, 20 November 2017 | 07:00 WIB
Kampas kopling ganda
Ruslan Abdul Gani
Kampas kopling ganda

GridOto.com - Pada motor skutik ada komponen bernama kampas kopling ganda. Part ini terletak di bagian CVT (Continuously Variable Transmission).

"Bicara fungsi, kampas kopling ganda pastinya penting untuk membantu motor matik jalan," kata Pardiman, mekanik bengkel spesialis matic, Takutic, Kebagusan, Jakarta Selatan kepada GridOto.com, beberapa waktu lalu.

Lebih jelasnya, kampas kopling ganda berfungsi menyalurkan sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang.

Cara kerja kampas kopling ganda di motor skutik menggunakan gaya sentrifugal, menyalurkan tenaga tergantung putaran mesin.

(BACA JUGA: Ini Pentingnya Peran Lady Bikers Di Dalam Komunitas, Enggak Cuma Sebagai Pemanis Lo)

"Kampas ganda dengan mangkok kopling jika motor belum digas renggang, jika digas, sliding shave menekan kampas, merapat meneruskan tenaga dari putaran mesin, ke sistem transmisi CVT, sehingga roda berputar," imbuhnya.

Sistem kopling skutik sendiri memakai tipe kering, berbeda dengan motor transmisi manual yang memakai kopling basah.

"Kopling di motor skutik itu kan kering jadi tidak boleh sama sekali terkena kotoran oli atau debu yang berlebih karena bisa bikin kampas slip, makanya CVT harus rutin dibersihkan," tutupnya.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa