Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Industri Komponen di Tegal dan Daerah Lainnya akan Diajak Kerjasama dengan Pemerintah

Niko Fiandri - Senin, 23 Oktober 2017 | 11:02 WIB
Komponen lokal
Kompas.com
Komponen lokal

GridOto.com - Industri lokal komponen UKM di Indonesia seperti di Tegal akan digandeng pemerintah.

Pemerintah pun enggak sendirian untuk menarik kemampuan UKM komponen Indonesia, tapi bersama pihak Jepang.

Menggandeng Japan International Cooperation Agency (JICA), Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) berupaya kembangkan industri potensial di Indonesia.

Program itu akan dilakukan JICA dan Kememperin dalam jangka menengah dan panjang, pada sektor alat transportasi, elektronika, serta makanan dan minuman.

(BACA JUGA: Johann Zarco Jadi Pembalap Ketiga Yamaha? Ini Kata Valentino Rossi dan Maverick Vinales)

Sinergi ini dilakukan dengan kegiatan penelitian terhadap sejumlah manufaktur Indonesia, yang dilakukan oleh Nomura Research Institute dengan judul "Promotion for Globally Competitive Study" untuk periode April 2017-Maret 2018.

Melalui survei tersebut, Kemenperin ingin mengetahui tentang alur rantai pasok industri di dalam negeri saat ini, sehingga akan fokus menentukan kebijakan pengembangan untuk sektor pendukungnya, seperti salah satunya di industri otomotif, yang membutuhkan masukan terkait riset dan teknologi terbaru.

“Kami juga akan melakukan survei ke beberapa sentra industri kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif, seperti di Tegal dan Batu Ceper, Jawa Tengah untuk melihat jalannya supply chain di sana,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Minggu (22/10/2017).

Sementara di industri elektronika, Kemenperin tengah mendorong agar sektor ini dapat mendukung industri alat transportasi di masa depan, khususnya untuk kereta api, pesawat terbang, dan mobil listrik.

“Untuk industri elektronika, kami akan memacu perluasan pasarnya dan bisa men-support ke sektor strategis lainnya,” ucap Airlangga.

Artikel ini sudah dipublikasikan Kompas.com dengan judul Kemenperin Kembangkan Pemasok Otomotif Lokal

Editor : Niko Fiandri
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa