Hampir 80 Ribu Kendaraan Diekspor Toyota Selama Kuartal I 2023, Fortuner, Rush, Raize Mendominasi

Wisnu Andebar - Selasa, 11 April 2023 | 15:01 WIB

Toyota ekspor hampir 80 ribu kendaraan selama kuartal I 2023 (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merilis data ekspor selama kuartal pertama atau Januari hingga Maret 2023.

Selama periode tersebut, Toyota berhasil mencatatkan angka ekspor sebanyak hampir 80 ribu unit atau tepatnya 79.796 unit.

Pencapaian tersebut naik sebanyak 9,4 persen dibandingkan kinerja ekspor periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 72.911 unit.

Selain itu, hasil positif tersebut diklaim melebihi target pertumbuhan ekspor Toyota Indonesia yang diperkirakan naik sebesar 5 persen pada tahun ini.

Menurut Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN, mempertahankan kinerja ekspor Toyota menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan.

Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan konsumen baik domestik maupun internasional, yang telah memilih produk Toyota buatan Indonesia.

"Sehingga kami dapat mendukung pemerintah untuk meningkatkan daya saing industri otomotif dan industri komponen nasional yang menaungi lebih dari 1,5 juta anak bangsa,” ujar Warih dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (11/4/2023).

Adapun model elektrifikasi menjadi bagian dari ekspansi ekspor Toyota yang dimulai dari Kijang Innova Zenix sejak awal 2023 dengan destinasi baru ke 27 negara.

Hingga akhir 2023, Toyota Indonesia berencana untuk melakukan ekspor ke 100 negara di sejumlah benua seperti Timur Tengah, Asia, Afrika, Amerika Latin, Australia, dan Oceania.

Baca Juga: Harga Toyota Raize Jelang Lebaran 2023 Terpantau Stabil, Malah Dapat Suntikan Diskon Belasan juta Rupiah

Sementara itu Bob Azam, Direktur Hubungan Eksternal TMMIN menambahkan, kehadiran kendaraan elektrifikasi yang beragam diharapkan dapat mendukung pencapaian lebih cepat reduksi emisi yang dicanangkan Pemerintah.

"Tentunya kepopuleran kendaraan elektrifikasi ini merupakan bagian dari subsidi ataupun insentif yang dirasakan langsung manfaatnya oleh konsumen,” pungkas Bob.

Untuk lebih lengkapnya, berikut data ekspor Toyota selama kuartal I 2023:

Produk Jumlah
SUV (Fortuner, Rush, Raize) 44.344 unit
MPV (Kijang Innova, Kijang Inova Zenix, Kijang Innova Zenix Hybrid, Avanza, Town/Lite Ace, Veloz) 29.291 unit
Sedan, Hatchback, LCGC (Vios, Yaris, Agya) 6.161 unit