Seken Keren - Biar Enggak Salah Pilih, Bengkel Spesialis Kasih Pesan Ini Saat Ingin Beli Nissan Teana J32

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 8 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Biar enggak salah pilih, bengkel spesialis beri wejangan sebelum membeli Nissan Teana J32 bekas (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Sebelum meminang Nissan Teana generasi kedua lansiran 2008 sampai 2013, ada baiknya mengetahui tips beli dari bengkel spesialis.

Hal tersebut perlu dicatat agar unit yang didapat masih dalam kondisi baik dan tidak membuat sobat menyesal di kemudian hari.

Apalagi usia sedan premium dengan kode J32 ini sudah tidak lagi muda sehingga cukup rentan terkena penyakit.

Menurut Kepala Mekanik Central Nissan di BSD, Samsul Solihin, mengatakan bagian yang pertama harus dicek dari Nissan Teana adalah bagian interior seperti dasbor.

Pasalnya bagian dasbor Nissan Teana generasi kedua sering kali pecah akibat dimakan usia.

"Perhatikan dasbor sudah pecah-pecah atau tidak karena biaya perbaikannya mahal sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta," ujar Samsul saat ditemui GridOto.com, Jumat (07/10/2022).

Jika dirasa aman, Samsul menyarankan kepada calon pemilik untuk jeli melihat kebocoran oli mesin.

"Perhatikan kebocoran oli di mesin penting karena belakangan ini cukup banyak dan pengerjaan memakan waktu lama," jelas Samsul.

Lebih lanjut, sobat bisa melakukan tes jalan agar mengetahui bagian transmisi matik dari Nissan Teana incaran masih berfungsi dengan normal.

"Tes jalan sampai 100 km/jam untuk mengetahui kondisi matik perpindahan kasar atau tidak. Karakter matik CVT itu halus," sambungnya.

Baca Juga: Mengintip Garasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Isinya Mulai Dari Nissan Teana Sampai kawasaki ER-6n

Sebagai pertimbangan, sobat juga bisa membawa mekanik atau dilakukan pengecekan menyeluruh ke bengkel.

"Cek unit bisa panggilan tergantung jarak biaya mulai Rp 250 ribu meliputi jasa scan dan pengecekan unit. Kalau konsumen mau ke bengkel biayanya Rp 150 ribu," tutup Samsul.

Sekilas informasi, Nissan Teana generasi kedua dengan kode J32 dibekali mesin V6 berkode VQ25DE dengan kapasitas 2.500 cc V6 yang dikombinasikan dengan transmisi CVT.

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 182 dk dan torsi puncak 232 Nm.

Soal harga bekas, pesaing dari Camry dan Accord ini kini dibanderol mulai Rp 105 juta sampai Rp 241 juta tergantung tahun dan kondisi unit.

Central Nissan: Sentral Onderdil BSD Blok C No.8, Tangerang Selatan (0838-2066-4202)