Wow.. Setelah Reli Dakar dan F1, Arab Saudi Gelar Balap MotoGP, di Sirkuit Apa?

Fendi - Rabu, 7 September 2022 | 22:40 WIB

Penandatanganan nota kesepahaman antara Dorna dan Saudi Motorsport Company (SMC) untuk menggelar MotoGP Arab Saudi (Fendi - )


GridOto.com – Setelah Reli Dakar dan F1, Arab Saudi akan mengadakan event motorsport besar lainnya, yaitu menggelar balap MotoGP seperti diumumkan Dorna Sports pada Senin (5/9).

Dorna Sports sebagai pemegang hak komersial balap MotoGP dan Saudi Motorsport Company (SMC) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menggelar MotoGP.

Penandatanganan MoU terjadi selama MotoGP San Marino 2022 pekan lalu.

Dilakukan oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan Ketua Saudi Automobile and Motorcycle Federation dan SMC, Yang Mulia Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal.

“Penambahan Arab Saudi ke kalender MotoGP setiap tahun akan membuat olahraga ini berkembang lebih jauh ke Timur Tengah,” kata Carmelo Ezpeleta, dikutip GridOto.com dari laman resmi MotoGP.

“Wilayah ini adalah pasar utama untuk motorsport dan permintaan di Kerajaan untuk acara semacam ini sedang berkembang,” lanjutnya.

MotoGP adalah acara olahraga besar terbaru yang tiba di Arab Saudi.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi telah menunjukkan kemampuannya untuk menggelar event motorsport dunia dengan standar tertinggi,” ujar Carmelo Ezpeleta.

Seperti diketahui, Arab Saudi telah menjadi tuan rumah event besar seperti Reli Dakar sejak tahun 2020 dan balap F1 mulai 2021, juga Formula E sejak musim 2018-19.

Baca Juga: Terlalu Keras ke Pecco Bagnaia di MotoGP San Marino 2022, Enea Bastianini Kena Marah Bos Besar Ducati

Menurut Dorna, balapan MotoGP Arab Saudi akan diadakan di sirkuit serbaguna yang baru dibangun, tetapi tidak disebutkan di mana akan diadakan.

“MotoGP di Arab Saudi akan dipentaskan di sirkuit homologasi FIM dan FIA serbaguna yang baru dibangun,” sebut Dorna.

Itu bisa jadi MotoGP Arab Saudi akan digelar di sirkuit baru yang diperdebatkan di Qiddiya, dekat ibu kota Riyadh, tempat Formula 1 dijadwalkan pindah di masa depan.