Tinjau Street Race Meikarta, Polda Metro Jaya Gaet Pelaku Seni dan UMKM

M. Adam Samudra - Minggu, 19 Juni 2022 | 10:22 WIB

Kapolda Metro Jaya Cek UMKM di acara Street Race Bekasi (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo meninjau ajang balap jalanan resmi atau Street Race Bekasi, yang digelar di Central Park Meikarta, Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/6/2022).

Street Race Bekasi ini sudah berlangsung sejak Sabtu (18/6/2022) dan akan digelar sampai Minggu (19/6/2022).

Sambodo mengatakan pihaknya sudah menyertakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam setiap ajang balap Street Race yang digelar Polda Metro Jaya.

"Alhamdullilah teman-teman dari Bekasi hari ini kita mengundang UMKM, ada yang jualan pecel, jus, kaos. Jadi mudah-mudahan acara ini tidak hanya bernilai dari sisi otomotif tapi bisa juga meningkatkan masyarakat dalan menjual produknya," kata Sambodo, Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya langkah tersebut dilakukan karena banyaknya pedagang kuliner yang berdagang setiap ajang Street Race digelar.

Selain melibatkan pelaku UMKM, kata Sambodo ajang balap Street Race Meikarta yang digelar Polda Metro Jaya juga melibatkan konser musik seperti penampilan Souljah dan Rocket Rockers.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran dalam sambutannya menyampaikan, ajang balap motor street race di Meikarta Kabupaten Bekasi ini digelar dalam rangkaian menyambut HUT Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

"Event balap motor ini sebagai sarana untuk menyalurkan hobi anak-anak muda yang senang balapan liar yang selama ini sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu kami menginisiasi kemudian melahirkan solusi dengan ajang street race untuk mencari prestasi, bukan sensasi," ujarnya. 
 
Irjen Fadil menambahkan, balap liar selain meresahkan masyarakat juga memunculkan sudut pandang yang negatif, mengingat sering terjadinya kenakalan remaja dan berbagai citra buruk di kalangan masyarakat. 
 
Adam Samudra
Street race bekasi
 
Baca Juga: Tinjau Street Race Bekasi, Dirlantas Polda Metro Jaya Sebut Balap Liar Sudah Makin Berkurang

 Dengan dilaksanakannya ajang street race yang sudah digelar di tiga tempat di wilayah hukum Polda Metro Jaya, diharapkan dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan kreatifitas dan kebersamaan juga sportifitas antar para pembalap.

"Kami sudah menyelenggarakan street race di dua tempat diantaranya Ancol Jakarta, BSD Tangerang dan saat ini Meikarta Kabupaten Bekasi, ajang ini sebagai langkah dan solusi untuk mengurangi terjadinya balapan liar di wilayah hukum Polda Metro Jaya," tandasnya.