Seken Keren - Masalah Ini Sering Muncul di Honda Civic FB, Biaya Perbaikannya Bisa Sampai Rp 2 Juta

Naufal Shafly - Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:45 WIB

Ilustrasi. Honda Civic FB tahun 2012 (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Buat sobat yang mengincar Honda Civic FB, ada baiknya sobat mencari tahu terlebih dulu penyakit yang sering menimpanya.

Dengan begitu, sobat bisa mengira-ngira berapa biaya yang harus dipersiapkan jika sewaktu-waktu penyakit yang sama menimpa mobil sobat.

Menurut Tri Pranoto, Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana, masalah yang paling sering menimpa Honda Civic FB adalah di bagian kaki-kakinya.

"Kalau mobil Honda, termasuk Civic FB, penyakit yang sering ya di bagian kaki-kaki. Sebagian besar di long tie rod, gearbox steering, lower arm, link stabilizer dan bushing-bushing," ucap Tri saat ditemui GridOto.com, Jumat (17/6/2022).

Masalah pada komponen-komponen itu biasanya disebabkan oleh usia pakai, serta kondisi jalan yang dilalui oleh mobil tersebut.

Kecuali gearbox steering, solusi untuk masalah pada part kaki-kaki yang disebutkan di atas adalah dengan mengganti unit komponennya.

"Kalau gearbox steering kami bisa perbaiki, estimasi biayanya sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 2 jutaan tergantung tingkat kesulitan dan kerusakannya," kata Tri.

Servis gearbox steering ini dilakukan dengan cara mengganti bushing gearbox steering, bearing dan grease-nya, lalu memperbaiki as dan gearnya.

"Untuk servis gearbox steering di sini kami kasih garansi satu tahun," ujarnya.

Baca Juga: Seken Keren - Honda Civic FB Si Sedan Ganteng yang Nyaris Terlupakan, Harga Bekasnya Sekarang Mulai Rp 150 Jutaan

Harun/GridOto.com
Bengkel Honda Clinic Pradana di Depok, Jawa Barat

Sedangkan, penggantian long tie rod dibanderol Rp 450 ribuan per pcs, link stabilizer Rp 440-Rp 550 ribuan, dan bushing arm Rp 450 ribuan per roda.

Harga komponen tersebut belum termasuk biaya jasa pemasangan.

Buat sobat yang tertarik melakukan perbaikan komponen kaki-kaki di Honda Clinic Pradana, kalian bisa langsung sambangi di alamat: Jl. Raya Muchtar No.86, Sawangan, Depok, Jawa Barat, (0812-8640-286).