Satu Kompleks Makam di Klaten Digilas Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Gimana Reaksi Warga?

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 10 November 2021 | 13:30 WIB

Ilustrasi jalan tol. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Muncul kabar terbaru terkait proyek pembangunan fisik Jalan Tol Yogyakarta-Solo, khususnya di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pengerjaan jalan tol ini diketahui akan melewati kompleks makam yang ada di Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggi, Klaten.

Melansir dari Tribunjogja.com, kurang lebih ada 200 makam di kompleks makam tersebut yang perlu direlokasi agar pembangunan fisik Jalan Tol Yogyakarta-Solo bisa berjalan tanpa hambatan.

Beruntung, warga Desa Taskombang sudah tidak memanfaatkan kompleks makam ini, sehingga proses pengurusan bisa lebih mudah.

Tribunjogja.com/Almurfi Syofyan
Papan peringatan adanya proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di Klaten.

"Sejak dapat kabar kompleks pemakaman akan digilas jalan tol, warga tidak memanfaatkannya lagi. Jadi kalau ada anggota keluarga yang meninggal, tidak dikubur di sana," jelas Kepala Desa Taskombang, Aris Sumarno, dikutip dari Tribunjogja.com, Senin (08/11/2021).

Aris melanjutkan, Pemerintah Desa (Pemdes) Taskombang juga sudah mendata ahli waris dari makam-makam yang ada di kompleks itu.

Kendari demikian, proses relokasi sebanyak kurang lebih 200 makam ini tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Mengingat proses pembayaran uang ganti rugi untuk lahan terdampak jalan tol di Desa Taskombang, termasuk lahan kompleks makam baru bisa dilakukan pada 2022 mendatang.

Baca Juga: Pengerjaan Tol Yogyakarta-Solo di Klaten Ditargetkan Selesai 2023, Ada Dua Rest Area yang akan Dibangun