Ini Penyebab Lewis Hamilton Keluar Trek Saat Start Ulang di F1 Azerbaijan 2021

Fendi - Minggu, 6 Juni 2021 | 23:17 WIB

Setelah balapan F1 Azerbaijan 2021 start ulang, Lewis Hamilton bablas keluar lintasan di tikungan pertama sirkuit Baku (Fendi - )


GridOto.com - Lewis Hamilton berpeluang mengambil alih pimpinan klasemen F1 2021. Sayang, pembalap tim Mercedes ini keluar trek saat start ulang di F1 Azerbaijan 2021.

Pada balapan yang penuh drama ini, dilakukan start ulang di lap 50 dari 51 lap yang harus ditempuh.

Standing start dilakukan setelah sempat dihentikan akibat Max Verstappen crash.

Setelah start ulang, Lewis Hamilton terlibat perebutan posisi terdepan dengan Sergio Perez di tikungan pertama sirkuit Baku.

Baca Juga: Hasil Balap F1 Azerbaijan 2021: Max Verstappen Pecah Ban, Sergio Perez Menang Usai Bikin Lewis Hamilton Keluar Trek

Lewis Hamilton yang sempat berada di depan Sergio Perez, ban mobilnya mengunci, membuatnya bablas keluar trek dan melorot jadi di urutan paling belakang.

Ketika bendera finish dikibarkan di lap 51, Lewis Hamilton masuk finish di urutan 15.

Dengan demikian, juara dunia bertahan ini gagal mendulang point dan tetap berada di belakang Max Verstappen pada daftar klasemen sementara F1 2021.

Lewat komunikasi radio, Lewis Hamilton minta maaf kepada timnya.

Baca Juga: Update Klasemen Sementara F1 2021: Sama-sama Kena Sial, Max Verstappen Masih Unggul dari Lewis Hamilton

"Tentu saja ini adalah pengalaman yang cukup buruk. Kami telah bekerja sangat keras untuk kembali ke sepuluh besar dan saya mempertaruhkan segalanya tetapi pada akhirnya kalah,” kata Lewis Hamilton kepada Sky Sports usai balapan.

Tampaknya saat start ulang, sistem pemanasan rem di mobil Lewis Hamilton yang disebut tombol ‘magic’, tidak berfungsi.

"Saya menjepit tombol yang membuat rem off, jadi saya langsung menyalakannya di tikungan pertama saat restart. Saya sangat menyesal kepada semua orang di tim. Saya tidak tahu bahwa saya telah menyentuh tombol 'magic',” ucapnya.