Kemenhub Adakan Rapid Test Antigen Bagi Pengendara Motor Menuju Jakarta, Ini Dia Titiknya

M. Adam Samudra - Senin, 17 Mei 2021 | 08:20 WIB

Tes antigen gratis di wilayah Karawang (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Kementerian Perhubungan menyiapkan rapid test antigen gratis bagi pengguna motor yang belum memiliki bukti bebas Covid-19.

Tes ini digelar bagi pengendar motor yang melintas di UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan ini dilakukan untuk memperketat pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah.

“Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan kami akan memperketat pergerakan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta," kata Budi melalui keteranganya, Senin (17/5/2021).

"Pada prinsipnya kami inginkan semua masyarakat yang akan ke Jakarta adalah masyarakat yang sehat, tidak terpapar Covid-19 dan kami harapkan Jakarta sebagai pusat kegiatan ekonomi dan sebagainya. Untuk itu semua pintu masuk Jakarta akan kami lakukan dengan rapid test antigen,” sambungnya.

Baca Juga: Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021 Penumpang Bus Alami Penurunan, Segini Angkanya

 Posko tes acak ini merupakan hasil sinergi antar instansi seperti Kementerian Kesehatan, Kepolisian, TNI dan khusus untuk di UPPKB Balonggandu.

“Ini random check karena setelah diinventarisasi ketersediaan alat rapid test dari Satgas Covid-19 maupun Kementerian Kesehatan harus dibagi agar merata. Walaupun dilakukan random sampling namun kami harapkan dilakukan pemeriksaan terhadap mayoritasnya,” bebernya.

Secara keseluruhan ada 11 titik di Jawa Barat yang didirikan posko pemeriksaan.

Berikut daftar lokasinya:

Baca Juga: Usai Larangan Mudik Hampir Usai, Ditlantas Polda Metro Jaya Perpanjang Penyekatan dan Screening Pemudik Sampai 24 Mei