Target Rampung Tahun Ini, Progres Pembangunan Tol Akses BIJB Kertajati Sudah Capai 58 Persen

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 4 Mei 2021 | 08:06 WIB

Ilustrasi Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Hingga saat ini akses jalan tol Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dikebut pengerjaannya.

Menurut Direktur Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Agung Prasetyo mengatakan untuk progresnya kini sudah mencapai 58 persen.

Untuk itu, pihaknya menargetkan akses tol bisa beroperasi pada tahun ini atau tepatnya September 2021.

"Untuk akses Kertajati progresnya sudah mencapai 58 persen, harapannya target kami diselesaikan September 2021 ini," ujar Agung dalam konferensi pers virtual, Senin (03/05/2021).

Baca Juga: Target Akhir 2021 Rampung, Progres Pembangunan Tol Akses BIJB Kertajati Sudah Sejauh Ini

Agung menjelaskan meski ditargetkan kan beroperasi tahun ini, pihaknya juga bersedia mengoperasikan akses tol secara penuh untuk mendukung penerbangan jemaah Haji yang melalui Bandara Kertajati.

Lebih lanjut, CEO Toll Road Business Group Astra Infra, Kris Ade Sudiyono pun optimis bisa mengoperasikan akses jalan tol Cipali yang akan tersambung ke Bandara Internasional Kertajati tahun ini.

"Jadi untuk Kertajati kami masih confirm akan kita selesaikan di tahun ini, memang maksimal di bulan September. Tetapi kembali lagi ada ekspektasi dari pemerintah daerah dan kementerian PUPR, kalau seandainya haji tahun ini akan dilakukan dari Bandara Kertajati akses ini bisa difungsionalkan," ungkap Kris,

Sekadar informasi, jalan tol akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi jalan tol Cipali dimulai dari KM 158+700 dengan panjang sekitar ± 3.7 KM dengan waktu penyelesaian 305 hari.

Baca Juga: Segini Tarif Parkir Motor dan Mobil Terbaru di Bandara Internasional Jawa Barat Majelengka, Masih Terjangkau

Proyek yang menelan biaya kira-kira Rp 692 miliar ini, jika mulai beroperasi akses menuju bandara ini maka waktu tempuh akan lebih singkat.