Ikuti Jejak Michelin, Corsa Stop Penggunaan Bungkus Plastik pada Ban Baru

Naufal Shafly - Kamis, 22 April 2021 | 16:50 WIB

Ilustrasi. Ban Corsa cross S untuk pengguna motor dual purpose (Naufal Shafly - )

GridOto.com - PT Multistrada Arah Sarana (MASA) selaku produsen ban motor merek Corsa, berkomitmen untuk menghentikan penggunaan bungkus plastik pada produk mereka.

Penghentian penggunaan bungkus plastik ini bertahap dilakukan mulai 7 April 2021, dengan masa transisi yang diperkirakan akan berlangsung hingga Mei 2021.

Keputusan ini juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi sampah plastik hingga 30 persen pada tahun 2025.

“Setiap tahun rata-rata Multistrada Arah Sarana memproduksi 5,5 juta ban motor. Sebagian besar dibungkus plastik sekali pakai. Bungkus ini pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah," ucap Presiden Direktur MASA, Steven Vette dalam keterangan resminya, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga: Harga Ban Baru Untuk Honda BeAT, Nih Pilihan Merek dan Harganya

Vette memastikan, penghentian pemakaian bungkus plastik ini tidak akan mempengaruhi kualitas dan performa ban.

"Maka itu, guna mengurangi jumlah sampah plastik tunggal, Multistrada menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban di tahun 2022. Kami percaya, inisiatif ini merupakan langkah yang tepat sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam mencapai proses bisnis yang berkelanjutan," lanjutnya.

Sebelum menggulirkan inisiatif tanpa bungkus plastik untuk ban motor Corsa, pada Oktober 2020 Multistrada telah mulai menghentikan penggunaan bungkus plastik untuk ban mobil merek Achilles yang diekspor ke beberapa negara seperti UEA, Qatar, Mesir, Libya, Lebanon, Bangladesh dan Pakistan.

Ia menambahkan, dengan kebijakan ini, konsumen secara tidak langsung turut berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik di Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia 4 Fakta Penting Ban Mobil Listrik yang mesti Anda Ketahui

"Tentunya keuntungan dari tidak adanya pembungkus plastik adalah pelanggan dapat melihat langsung pola kembangan ban. Tetapi yang terpenting, dengan membeli ban tanpa pembungkus plastik, pelanggan kami telah ikut mendukung inisiatif ini dan ikut berkontribusi dalam upaya mengurangi sampah plasti sekali pakai di Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, MASA adalah produsen ban yang merupakan bagian dari Michelin Group.

Michelin Indonesia beberapa waktu lalu juga telah menghentikan penggunaan bungkus plastik pada produknya.