Video Mobil Ngebut Lewati Gerbang Tol Viral, Pengelola Beri Konfirmasi Begini

Harun Rasyid - Jumat, 19 Maret 2021 | 20:15 WIB

Uji coba RFID di sebuah jalan tol (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Video uji coba bayar tol menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berdurasi 21 detik viral di media sosial.

Dalam video uji coba bayar tol tersebut, nampak minibus yang diduga Daihatsu Gran Max ngebut mendekati pintu tol yang keadaannya masih tertutup.

Setelah minibus berkecepatan tinggi itu mendekat, pintu tol tersebut langsung terbuka tanpa adanya transaksi dari si pengemudi.

Menanggapi hal ini, Annisa Indrayanti, Humas PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) mengatakan, video uji coba bayar tol dengan RFID itu terjadi di wilayah Jawa Timur.

Baca Juga: Viral Mobil Ngebut Lewat Gerbang Tol, Teknologi RFID Akan Diterapkan 2022

"Benar video tersebut dilakukan di salah satu anak usaha CMNP di Tol Waru-Juanda di Jawa Timur," katanya saat dihubungi GridOto.com, Jumat (19/3/2021).

Namun Annisa berujar, pengujian sistem bayar tol tersebut dilakukan pihaknya beberapa tahun silam.

"Waktu uji coba pintu tol SLFF (Single Lane Free Flow) dengan sistem RFID itu terjadi tahun 2017," terangnya.

Baca Juga: Ramalan 2021, Zodiak Hari Ini: Scorpio Mudah Kesal dan Marah, Capircorn Alami Tekanan Pekerjaan yang Membebani

Otomotifnet.com
Ilustrasi gerbang tol SLFF berbasis RFID


Annisa mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan kapan sistem pembayaran tol berbasis RFID bakal diterapkan di tol.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Solo Hadapi Masalah dari Warga Sekitar, Apa Persoalannya?

"SLFF Itu kurang lebih sama dengan MLFF. Yang membedakan, pintu tol SLFF masih ada barrier atau palang di gerbangnya. Untuk penerapannya, sampai saat ini kami masih uji coba di tol CMNP Group," tutupnya.

Baca Juga: Usai Gisella Anastasia, Mbak You Terawang Bakal Ada Artis Berinisial S yang Tersandung Kasus Skandal Seks di tahun 2021, Siapa?