Jadi Calon Kapolri, Listyo Sigit Prabowo : Tilang Elektronik Semakin Diperkuat

Dia Saputra - Rabu, 20 Januari 2021 | 16:36 WIB

calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo di Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). (Dia Saputra - )

GridOto.com - Untuk mewujudkan harapan masyarakat dengan layanan yang baik, calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sudah memiliki beberapa rencana.

Salah satu rencana Listyo Sigit Prabowo saat menjadi Kapolri adalah melakukan reformasi pada jajaran Korps Lalu Lintas di Tanah Air.

Menurutnya, jika diberikan amanah menjadi Kapolri, penindakan pelanggaran lalu lintas mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik (tilang elektronik). 

"Hal tersebut bertujuan mengurangi interaksi dalam proses penilangan," ujar Listyo saat uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR Komplek Parlemen, Jakarta, dilansir dari YouTube.com/KompasTV Rabu (20/01/2021).

Baca Juga: Listyo Sigit Prabowo Digadang-gadang Jadi 'The Next' Kapolri, Kekayaan Rp 8,3 Miliar Punya Kendaraan Apa Aja?

Listyo menjelaskan, hal itu juga untuk menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan proses penilangan.

Ia berpendapat, para Polisi lalu lintas juga akan diminta turun ke lapangan untuk mengurai arus lalu lintas yang sedang macet.

"Untuk mengatur lalu lintas yang sedang macet juga harus dilakukan tanpa perlu melakukan penilangan," ucap Listyo.

Melalui perubahan tindakan tersebut, Listyo berharap kepercayaan masyarakat terhadap instansi Kepolisian semakin meningkat. 

"Kami harapkan ini menjadi icon perubahan perilaku Polri, khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota kita di lalu lintas," paparnya.