Flyover Purwosari di Solo Sudah Diuji Coba, Ada Beberapa Catatan Khusus dari Dishub, Kapan Mulai Difungsikan?

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 18 Desember 2020 | 16:20 WIB

Suasana pengujian Flyover Purwosari oleh pihak Dishub Kota Solo, Kamis (17/12/2020). (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Dinas Perhubungan (Dishub) setempat baru-baru ini melakukan uji coba Flyover Purwosari di Jl. Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah pada Kamis (17/12/2020).

Uji coba ini melibatkan sejumlah kendaraan seperti motor, mobil, truk dan bus untuk melintas di jalan layang yang menghabiskan dana hingga ratusan miliar rupiah tersebut.

Menurut Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Mudo Prayitno, Flyover Purwosari dinilai sudah bisa difungsikan untuk arus lalu lintas.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dilengkapi di jalan layang ini, seperti marka jalan, rambu serta pengaturan ulang untuk Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

Baca Juga: Proyek Flyover Solo Sudah Hampir Rampung, Kapan Mulai Beroperasi?

"Kalau secara fungsi kami lihat sudah bisa dilalui," ungkap Mudo dikutip GridOto.com dari Tribunsolo.com.

Dishub Kota Solo juga melakukan uji coba pada malam hari untuk mengetahui jarak pandang di Flyover Purwosari saat kondisi gelap.

Pengujian ini termasuk penting, karena menyangkut keselamatan pengendara ketik melintasi jalan layang ini saat malah hari.

"Faktor keselamatan penting," papar Mudo.

Rencananya, pihak Dishub Kota Solo menargetkan Flyover Purwosari bisa digunakan secara penuh pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Ikut Uji Coba Fly Over Purwosari, Ini Catatan Khusus dari Dishub Solo