Kata Pengamat Otomotif Soal Hadirnya Small SUV di Indonesia, Bakal Jadi Tren di Masa Depan?

Harun Rasyid - Rabu, 16 Desember 2020 | 20:31 WIB

Ilustrasi Small SUV, Kia Sonet Premiere (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Sport Utility Vehicle (SUV)  identik dengan bodi kekar nan bongsor dan performa handalnya yang dirancang untuk melewati berbagai kontur jalan.

Namun November lalu, Indonesia kedatangan KIA Sonet yang lahir sebagai Small SUV atau SUV berbodi kecil asal pabrikan asal Korea Selatan tersebut.

Sebagai Small SUV, KIA Sonet juga akan mendapat rival baru dengan kemunculan Nissan Magnite yang dikabarkan akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat.

Lantas, apakah Small SUV akan menjadi tren baru di pasar otomotif roda 4 di Indonesia?

Baca Juga: Lagi Ramai Pabrikan Bikin Small SUV, Honda Enggak Mau Ikutan?

"SUV dalam 10 tahun terakhir memang makin populer. Tapi karena konstruksinya mahal, harga SUV sulit dijangkau kalangan tertentu. Makanya sekarang ada MPV Crossover tapi tetap ini juga bukan SUV sesungguhnya," buka Bebin Djuana, Pengamat Otomotif saat dihubungi GridOto.com, Rabu (16/12/2020).

Bebin mengatakan, terobosan KIA yang membanderol Sonet dengan harga mulai Rp 190 jutaan di Jakarta dianggap sebagai tindakan yang cukup positif.

"Hadirnya KIA Sonet memberi angin segar bagi konsumen yang mau membeli Medium SUV namun harganya masih kemahalan. Jadi dengan harga di bawah Rp 200 juta, masyarakat yang tadinya tidak bisa menjangkau harga SUV, kini bisa menikmatinya," katanya.

Baca Juga: Nissan Segera Dirilis Compact SUV Baru di Indonesia, Siluetnya Mirip Nissan Magnite?