Ternyata Mercedes Sengaja Turunkan Performa Mesinnya di F1 Abu Dhabi 2020, Ini Alasannya

Rezki Alif Pambudi - Senin, 14 Desember 2020 | 19:03 WIB

Ternyata Mercedes sengaja turunkan performa mesinnya di F1 Abu Dhabi 2020 (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Ternyata Mercedes sengaja menurunkan performa mesinnya pada gelaran F1 Abu Dhabi 2020 akhir pekan kemarin.

Seluruh tim yang memakai mesin Mercedes, baik tim Mercedes sendiri juga Racing Point dan Williams, mesinnya sedikit dikebiri.

Bos Mercedes, Toto Wolff, mengungkap alasannya karena ada kekhawatiran soal daya tahan mesinnya, terutama soal komponen Motor Generator Unit Kinetic (MGU-K).

Kecurigaan dimulai ketika mobil Sergio Perez mengalami kebakaran di F1 Bahrain, lalu tim Williams mengalami masalah MGU-K di sesi latihan di Abu Dhabi ketika muncul asap dari mobil George Russell.

Baca Juga: Resmi! Berpisah dengan Aprilia, Gresini Akan Jadi Tim Independen Lagi di MotoGP 2022

Hal itulah juga yang jadi alasan kenapa Mercedes tidak bisa meraih pole position, dimana Valtteri Bottas kalah 0,025 detik dari Max Verstappen, Lewis Hamilton kalah 0,086 detik.

Sedangkan Wolff mengungkap, penurunan performa mesin ini harus dibayar dengan 0,1 detik lebih lambat dalam tiap lap-nya dibandingkan dengan performa biasanya.

"Kami sedikit mengurangi power-nya, sedikit performa dari seluruh mesin Mercedes," kata Wolff dilansir GridOto.com dari Motorsport-Total.com.

"Kami punya masalah di sana. Kerusakan MGU-K muncul sebelum jarak pemakaian yang dijadwalkan padahal seharusnya bisa lebih lama. Dan kami belum memahami alasannya," tegas Wolff.

Baca Juga: Aprilia MotoGP Sedang Butuh Pembalap, Sam Lowes Malah Anti Banget Saat Diajak Gabung

Lance Stroll sedikit mengeluhkan pembatasan performa ini.

Stroll mengiyakan bahwa kecepatannya turun sampai 0,1 detik per lap-nya.