Jadi Kado Ulang Tahun Ke-63, Pertamina Akhirnya Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Sudah Resmi Beroperasi!

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 10 Desember 2020 | 19:20 WIB

SPKLU Komersial Pertama milik Pertamina mulai beroperasi hari Ini di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatan (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - PT Pertamina (Persero) akhrinya resmi mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertamanya hari ini, Kamis (10/12/2020).

Dioperasikannya SPKLU yang terpasang di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatan itu juga bertepatan dengan hari ulang tahun Pertamina yang ke-63.

Fajriyah Usman, selaku Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, SPKLU pertama ini merupakan upaya pihaknya dalam mendukung pemerintah untuk mendorong tumbuhnya ekosistem Kendaraan Listrik dalam negeri.

Baca Juga: Sudah 63 Tahun Berdiri, Ini Perubahan Logo Pertamina dari Masa ke Masa

"Inilah hasil inovasi Pertamina untuk mendukung penggunaan energi bersih dan energi terbarukan di Indonesia, sekaligus sebagai persembahan Pertamina pada HUT yang ke-63," ujar Fajriyah dalam siaran resmi Pertamina, Kamis (10/12/2020).

"Lokasi SPBU Fatmawati pun dipilih dengan berbagai pertimbangan. Selain wilayah ini termasuk memiliki pasar yang potensial, lokasi ini juga memiliki fasilitas tempat tunggu baik restaurant ataupun gerai kopi yang dapat digunakan konsumen menunggu pengisian daya berlangsung," imbuhnya.

Dok. Pertamina
Ilustrasi. Petugas mengoperasikan mesin SPKLU pertama milik Pertamina.

 

Bicara mengenai spesifikasinya, SPKLU pertama milik Pertamina tersebut memiliki kemampuan pengisian daya cepat (fast charging) hingga mencapai 50 kW.

Didukung juga fasilitas yang dapat mengisi dua kendaraan sekaligus (2 in 1) dengan metode fast charging, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama selama masa pengisian.