Homologasi Sirkuit Mandalika dan Sirkuit Sentul Akan Lebih Lama Akibat Covid-19, Sekarang Sudah Sampai Tahap Apa?

Didit Abdillah,Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 31 Oktober 2020 | 18:49 WIB

Gara-gara pandemi Covid-19, proses homologasi Sirkuit Mandalika dan Sirkuit Sentul akan berlangung lebih lama. (Didit Abdillah,Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Proses homologasi internasional kepada FIM maupun FIA merupakan hal wajib sebelum suatu sirkuit bisa menggelar balap mobil maupun motor dengan taraf internasional.

Oleh karena itu, dua sirkuit Indonesia yaitu Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Sirkuit Sentul di Jawa Barat sudah memulai proses homologasi.

Berkas-berkas pengurusan dari kedua pengelola sirkuit tersebut pun diketahui sudah mendarat di kantor Ikatan Motor Indonesia, sebelum diserahkan kepada FIA dan FIM.

"Setelah berkas masuk ke kami, nanti akan berkoordinasi lagi sama FIA dan FIM dan melakukan pertemuan di sirkuit terkait," kata Jeffrey JP selaku Sekretaris Jenderal IMI Pusat, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: Bos Dorna Sports Sudah Siapkan Jadwal MotoGP 2021, Dua Seri Awal di Sirkuit Losail Qatar, Sirkuit Mandalika Kapan?

Sertifikasi FIM Grade A menjadi prioritas pengelola Sirkuit Mandalika agar bisa menggelar MotoGP Indonesia dan WSBK Indonesia pada 2021 mendatang.

Disusul oleh sertifikasi FIA Grade 1 setelah munculnya inisiatif untuk turut menggelar ‘sirkus’ F1 dan balap ketahanan WEC dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Sedangkan Sirkuit Sentul mengincar sertifikasi FIM Grade B dan FIA Grade 2 agar dapat kembali menghadirkan balapan internasional.

Namun, Jeffrey mewanti bahwa proses homologasi dipastikan berjalan lebih lama akibat pandemi Covid-19.