Seberapa Efektif Jualan Secara Digital Dibanding Jualan di Dunia Nyata? Ini Jawaban Toyota

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 17 September 2020 | 21:59 WIB

Ilustrasi IOOF 2020 (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Strategi jualan secara digital  menjadi salah satu alternatif menarik bagi para APM, termasuk PT Toyota Astra Motor (TAM).

Sebab pandemi Covid-19 di Indonesia membuat para APM kendaraan bermotor harus memutar otak lebih keras untuk mencari strategi penjualan baru.

Maklum, beberapa strategi penjualan konvensional yang sebelumnya menjadi andalan para APM seperti pameran otomotif dan dealer event kini sulit dilakukan di masa pandemi.

“Kreativitas kami ditantang, dan dunia digital menjadi menarik karena kami tidak (bisa memikirkan) hanya dari sisi produk,” ujar Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director TAM di webinar Kompas Talks, Kamis (17/9/2020) sore tadi.

Baca Juga: Penjualan Toyota Corolla Cross di Agustus 2020 Lampaui Target, Varian Hybrid Tampil Mendominasi

 “Tapi juga bagaimana agar dari sisi keringanan, cara bayar, dan lain-lain pun kami tawarkan lebih baik dari sebelum-sebelumnya,” imbuhnya.

Anton juga menuturkan bahwa strategi penjualan digital mempunyai efektifitas yang tidak jauh berbeda dengan strategi penjualan konvensional di dunia nyata.

Ia mencontohkan event digital Virtual Toyota Expo yang mereka lakukan Juli lali, di mana mereka berhasil membukukan 250 SPK.

“Ini cukup besar karena acara tersebut hanya dilakukan untuk dealer-dealer di Jakarta saja, event-nya pun hanya 2 sampai 3 hari,” tutur Anton.