Ada Aluminium Foil di Lampu Motor Custom, Ternyata Ini Fungsinya

Muhammad Farhan - Selasa, 8 September 2020 | 16:40 WIB

Lampu Honda PCX 150 custom LED Projektor (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Penasaran dengan adanya lapisan aluminium foil di reflektor lampu motor yang sudah di custom? Ternyata ini alasan dan fungsinya saat terpasang.

Sesuai namanya, custom reflektor lampu motor berarti ada ubahan yang dilakukan supaya lampu pengganti bisa terpasang dan berfungsi baik.

Kalau diperhatikan, lapisan aluminium foil yang dapat ditemui di beberapa bagian ini digunakan untuk memaksimalkan ubahan yang dilakukan.

Letaknya sendiri dibuat tersembunyi sehingga hanya terlihat dari bagian belakang atau pada saat lampu dilepas dari motor.

Baca Juga: Tinggal Pasang, Mesin Motor Matic Jadi Lebih Terlindungi Dari Kotoran

“Fungsinya memantulkan cahaya yang mungkin bocor atau tersebar di reflektor supaya menjadi lebih fokus ke depan,” ungkap Amirudin, owner workshop Amink Projie, Ciputat, Tangerang Selatan.

Hasilnya, pancaran cahaya lampu yang sudah di custom pakai HID atau LED projektor terlihat lebih jelas menerangi objek di depan motor.

Farhan
Lapisan aluminium foil di rumah lampu motor dengan custom LED

Karena lampu custom umumnya memiliki cahaya lebih terang dari lampu bawaan motor, lapisan aluminium foil juga punya manfaat lain.

“Yaitu supaya panas lampu yang dihasilkan juga lebih merata, sehingga mengurangi risiko panas berlebih di salah satu bagian rumah lampu,” lengkap Amink, sapaan akrabnya.