KTM 390 Adventure Disebut Lebih Kuat Panas, Ini Dia Rahasianya

Harry - Rabu, 9 September 2020 | 10:00 WIB

KTM 390 Adventure (Harry - )

GridOto.com - Dipakai melibas 2 medan jalan dan kondisi cuaca tropis Indonesia, bikin kinerja pendinginan mesin harus maksimal.

Tak terkecuali KTM 390 Adventure yang baru diluncurkan akhir Agustus 2020 kemarin oleh PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM).

(Baca Juga: Video KTM 390 Adventure Ternyata Torsinya Galak, Fiturnya Lengkap!)

Malah motor satu ini dijamin lebih kuat panas. Kok bisa ya, padahal mesinnya pakai basis yang sama dengan KTM 390 Duke tuh.

Kira-kira apa rahasianya ya?

Harry/Gridoto.com
Radiator KTM 390 Adventure


Setelah dilihat-lihat, ternyata radiator 390 Adventure lebih besar dari 390 Duke tuh. Lalu bentuknya juga curve alias melengkung.

"Jadi selain lebih besar, bentuk melengkung juga bisa menangkap angin dari depan lebih banyak," jelas Karmanto, Service Supervisor PJLM.

(Baca Juga: KTM 390 Adventure Baru Meluncur, Monkeywork Garage Sediakan Part Modifikasinya)

Enggak cuma penampang radiator yang lebih besar dan melengkung, kipas pendinginannya juga ada 2 tuh, jadi makin maksimal pendinginannya.

Wajar saja, karena ada kemungkinan motor dipakai off road dan lebih banyak diam sehingga kurang mendapat suplai angin untuk mendinginkan mesin.

Harry/Gridoto.com
Mesin KTM 390 Adventure


Dengan adanya sepasang kipas pendingin tadi, diharapkan proses pendinginan mesin bisa tetap maksimal dan suhu mesin selalu terjaga.

Maklum saja, mesinnya punya kapasitas lumayan besar mencapai 373 cc, dengan ukuran piston 89 mm dan langkah piston 60 mm.

Tenaganya lumayan besar mencapai 43 Hp pada putaran 9.000 rpm dengan torsi 43 Nm diputaran 7.000 rpm.