Miguel Oliveira Jadi Pemenang di MotoGP Stiria 2020, KTM Resmi Kehilangan Hak Konsesi

Nur Pramudito - Senin, 24 Agustus 2020 | 08:20 WIB

Miguel Oliveira berhasil menang di MotoGP Stiria 2020, KTM resmi kehilangan hak konsesinya pada musim depan (Nur Pramudito - )

GridOto.com - Pabrikan KTM resmi kehilangan hak konsesi setelah Miguel Oliveira jadi pemenang di MotoGP Stiria 2020, di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (23/8).

Kemenangan Miguel Oliveira di MotoGP Stiria 2020 membuat KTM akan kehilangan hak untuk melakukan tes secara tidak terbatas.

Semua pembalap KTM juga hanya bisa mengikuti tes resmi yang diadakan MotoGP.

KTM sekarang hanya diizinkan memilih tiga sirkuit yang bakal digunakan oleh test rider mereka.

Baca Juga: Menang di MotoGP Stiria 2020, Miguel Oliveira Akui Terbantu Insiden Maverick Vinales

Buat yang belum tahu, hak konsesi diberikan kepada setiap pabrikan baru yang bergabung dengan MotoGP sejak 2013, dan untuk pabrikan yang belum pernah meraih kemenangan selama periode tersebut.

Tim pemegang konsesi memiliki kesempatan untuk melakukan tes di trek manapun yang mereka pilih, mereka juga memiliki enam wildcard sepanjang musim.

Agar mendapat hak konsesinya, pabrikan tidak boleh meraih skor lebih dari enam poin konsesi selama periode dua tahun.

Jika batas itu tidak dilewati dalam dua tahun maka poin mereka akan kembali nol.

Baca Juga: Miguel Oliveira Menangi MotoGP Stiria 2020, Jadi Pembalap Portugal Pertama yang Berdiri di Podium Satu MotoGP

Adapun perhitungan poinnya adalah tiga poin untuk pembalap yang finis pertama, dua poin untuk finis runner-up dan satu poin untuk finis peringkat ketiga.