Masyarakat Mulai Tertarik Melakukan Pembelian Mobil Secara Online, Meningkat Pesat di 2020 Ini

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 14 Agustus 2020 | 16:05 WIB

Ilustrasi. Pembelian mobil secara online (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Tidak bisa dipungkiri jika pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dalam beberapa bulan terakhir, memunculkan tren baru dalam melakukan pembelian mobil.

Masyakarat Indonesia kini sudah terbiasa dengan pembelian mobil secara online melalui beragam kanal yang dihadirkan oleh setiap produsennya.

Hal itu juga yang secara tidak langsung membawa industri otomotif Tanah Air memasuki masa pemulihan, setelah sebelumnya cukup terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Festival Otomotif Daring IOOF 2020 Siap Sapa Masyarakat Indonesia, Pastinya Seru Banget, Catat Tanggalnya! 

Google Trends menunjukkan, minat masyarakat Indonesia untuk membeli mobil tetap tinggi meskipun di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini.

Enggak cuma itu, Google Trends juga menunjukkan bahwa konsumen kini mau membeli mobil via online, dan hasil survei memperlihatkan bahwa mayoritas konsumen mau membeli di situs resmi.

"Cara masyarakat Indonesia dalam mencari konten yang relevan, melakukan riset, dan membeli mobil kini lebih bergeser ke online, dan itu didominasi oleh orang-orang berusia 18-35 tahun," ucap Randy Jusuf, selaku Managing Director Google Indonesia, Jumat (14/8/2020).

"Kami melihat ada perubahan yang cepat di industri otomotif, bukan hanya karena pandemi tetapi juga karena perubahan kebiasaan pengguna. Orang-orang yang mau membeli mobil sekarang lebih suka mencari via online, dan seiring perubahan perilaku pengguna, industri mobil juga harus beradaptasi," imbuhnya.