Pertamina Sumbagsel Gaet BUMDes, Salurkan BBM Satu Harga Hingga ke Pelosok Desa

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 13 Agustus 2020 | 07:03 WIB

Pertamina gandeng Bumdes sediakan BBM satu harga hingga pelosok dengan mendirikan Pertashop yang menjual BBM murni yang kualitasnya setara dengan SPBU. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Guna menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kualitas dan harga setara SPBU, PT Pertamina (Persero) berinovasi dengan mendirikan Pertashop.

Melansir dari Sripoku.com, Pertashop ini merupakan lembaga penyalur BBM berskala kecil untuk melayani konsumen di tingkat desa yang lokasinya terbilang jauh dari SPBU.

Region Manager Communicaton, Relation & CSR Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Dewi Sri Utami mengatakan, Pertamina menargetkan 59 Pertashop didirikan di wilayah Sumbagsel hingga akhir Agustus 2020.

Dari 59 Pertashop yang akan dioperasikan, 40 di antaranya sudah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) lahan dan beberapa telah dalam tahap persiapan.

 Baca Juga: Hingga Agustus 2020, Pertamina Sudah Bangun 147 Pertashop di 19 Provinsi, Targetkan Ada di Setiap Kecamatan

"Hingga 8 Agustus (2020), telah beroperasi delapan Pertashop, yakni dua unit di Kepulauan Bangka belitung, tiga unit di Jambi, satu unit di Provinsi Bengkulu dan dua lainnya di Lampung.

Kehadiran Pertashop sejalan dengan program perusahaan yakni One Village One Outlet (OVOO).

Tidak sekedar menyediakan energi, namun juga memberikan kesempatan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) secara mandiri atau bersama mitra untuk membangun Pertashop, sehingga pemerintahan desa akan memiliki pusat ekonomi baru," ujar Dewi, dikutip dari Sripoku.com, Rabu (12/08/2020).

Dewi menambahkan, Pertashop didesain sedemikian rupa agar dapat menyediakan BBM dengan takaran yang tepat, kualitas BBM, harga serta faktor keamanan yang setara dengan SPBU.

Baca Juga: Pertamina Kembali Dirikan Pertashop di Jogja, Minat? Ini Caranya