Tesla Bakal Semakin Terbuka, Siap Jual Lisensi Software dan Suplai Suku Cadang ke Pabrikan Lain

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 30 Juli 2020 | 13:54 WIB

Tesla (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Tesla sepertinya bakal semakin terbuka untuk menjual lisensi software buatannya serta memasok sejumlah suku cadang ke pabrikan lainnya.

Langkah tersebut dikemukanan oleh CEO Tesla, Elon Musk melalui postingan pada akun Twitter resminya @elonmusk

"Tesla terbuka untuk menjual lisensi software serta menyuplai powertrain dan baterai buatan kami. Kami hanya berusaha mempercepat penggunaan energi alternatif di bidang otomotif, bukan untuk menghancurkan para pesaing," Musk.

Sayangnya, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai langkah yang dikakukan Tesla itu, namun ada dugaan kuat sistem Autopilot driver-assistance juga ikutan dijual lisensinya.

Baca Juga: Kocak! Pria Ini Mondar-mandir Nyari Lubang Tangki Bensin Tesla Model 3, Sampai Buka Bagasi dan Kap Mobil

Sebetulnya ini bukan kali pertama bagi pabrikan mobil listrik tersebut untuk menjual lisensi software serta memasok suku cadang ke pabrikan lain.

Dilansir dari Carscoops.com, sebelumnya Tesla sempat menyuplai sejumlah suku cadang, termasuk baterai ke pabrikan lain, yakni Mercedes-Benz dan Toyota.

Kemudian pada 2014, pabrikan asal Amerika Serikat ini sempat mengumkan bahwa segala kekayaan intelektualnya bisa dimanfaatkan oleh pabrikan lain secara gratis.

"Tesla tidak akan menggugat terkait hak paten kepada siapapun yang punya itikad baik untuk menggunakan teknologi yang kami kembangkan," ujar pihak Tesla beberapa waktu lalu, dikutip dari Carscoops.com

Baca Juga: Kucurkan Dana Hingga Belasan Triliun Rupiah, Tesla Akan Bangun Pabrik Barunya di Texas