Tim Renault Ajukan Protes Resmi ke FIA Terkait Legalitas Mobil Racing Point

Nur Pramudito - Senin, 13 Juli 2020 | 09:07 WIB

Tim Renault mengajukan protes resmi ke FIA mempertanyakan aspek legalitas mobil balap tim Racing Point (Nur Pramudito - )

GridOto.com - Tim Renault mengajukan protes resmi ke FIA mempertanyakan aspek legalitas mobil balap tim Racing Point setelah tampil kuat di balapan F1 Stiria, Minggu (12/7/2020).

Duo Racing Point, Sergio Perez dan Lance Stroll berhasil finish lebih baik ketimbang Daniel Ricciardo dari tim Renault di F1 Stiria.

Para pengawas lomba menyatakan jika protes tersebut terkait dugaan pelanggaran regulasi Formula 1 tentang desain dan outsourcing suku cadang yang terdaftar.

Singkatnya, Renault menganggap Racing Point menggunakan desain yang memiliki sejumlah elemen yang tidak didesain oleh tim itu sendiri.

Baca Juga: Klasemen Sementara Usai F1 Stiria: Valtteri Bottas Masih Kokoh di Puncak

Racing Point mengakui jika mobil RP20 juga dipasang girboks serta suspensi belakang dari Mercedes, meniru filosofi mobil yang digunakan Lewis Hamilton pada musim 2019.

Kemiripan desain mobil yang dijuluki Pink Mercedes itu pun telah membuat sejumlah tim tidak senang.

FIA kemudian akan menyita dan menyegel beberapa perangkat mobil Racing Point untuk dianalisa.

Tim pabrikan Mercedes yang menyediakan Racing Point mesin dan girboks, juga diperintahkan untuk menyerahkan beberapa perangkat yang dipakai di mobil mereka musim lalu untuk perbandingan.