Waspada Belanja Barang Sampah Buat Kendaraan di Situs Belanja Online

Tim GridOto - Selasa, 7 Juli 2020 | 17:20 WIB

Ilustrasi barang sampah atau komponen sampah (Tim GridOto - )

GridOto.com - Tren belanja online diketahui semakin meningkat seiring dengan adanya pembatasan sejumlah aktivitas di luar rumah akibat pandemi Covid-19.

Enggak hanya untuk kebutuhan pokok, belanja online juga bisa jadi alternatif menarik bagi yang ingin melakukan pembelian aksesori hingga spare part kendaraan.

Namun, melakukan pembelian spare part atau aksesori untuk kendaraan secara online bisa dibilang susah-susah gampang, sangat tricky.

Apalagi kita tidak bisa melihat atau memegang barangnya secara langsung, tentunya harus lebih teliti dan hati-hati dalam memilih agar yang dibeli sesuai harapan.

Baca Juga: Beli Sokbreker Avanza-Xenia di Situs Belanja Online Rp 100 Ribuan, Hasilnya Malah Seperti Ini 

Sebab, di balik beragamnya pilihan barang yang tersedia dalam situs belanja online, ada saja oknum yang memanfaatkannya untuk menjual 'barang sampah' dengan harga miring yang cukup menggoda.

Barang sampah yang dimaksud ini cukup beragam, seperti ada yang mengaku barang tersebut orisinal namun dengan gimmick tambahan bekas hasil lelangan, refurbish, gebox (genuine box) dan lain sebagainya.

Memang sih peredarannya bisa menjadi paket 'hemat' bagi yang membutuhkan barang tersebut, apalagi budget yang dimiliki lagi sangat terbatas.

Namun keberadaannya cukup meresahkan, seperti yang GridOto.com temukan saat melakukan investigasi di salah satu situs belanja online terkemuka di Indonesia yakni Tokopedia.